Kecamatan Patean Andalan Tanaman Jagung

Legamatan Patean andalan tanaman jagung

0
4287

Wilayah Kecamatan Patean Kab Kendal termasuk andalan penghasil jagung. Jenis tanaman jagung yang ditanam adalah jagung hibrida. Luas lahan yang ditanami jagung di wilayah Kecamatan Patean sekitar 7.500 hektar. Rata-rata hasil produksi jagungnya sekitar 8 ton per hektar.

Mantri Tani Kecamatan Patean, Samsudin mengatakan, tanaman jagung merupakan tanaman andalan para petani di Patean, karena mudah menjualnya dan harganya cenderung stabil. Hasil panen jagung dari Kec Patean, selain untuk memenuhi kebutuhan para peternak di Kecamatan Patean, sebagian dijual ke luar wilayah Paten melalui para pengepul.  “Menjualnya mudah, melalui pengepul,”katanya

Samsudin mengatakan, para peternak ayam di Patean banyak yang memanfaatkan jagung untuk membuat pakan ternak ayam. Kebanyakan, peternak ayam memanfaatkan jagung untuk campuran membuat pakan ternak setelah dicampur dengan bekatul dan konsentrat. Para peternak ayam akan lebih irit dengan membuat pakan ternak sendiri yang bahannya dari jagung. “Kalau bikin pakan sendiri kan lebih hemat,”ujarnya.

Di Kecamatan Patean ada sekitar 700 peternak ayam yang cukup besar dengan jumlah di atas 5.000 ekor, dan 500 peternak kecil yang memelihara ayam di bawah 1.000 ekor.