Calon Jamaah Haji harus Jaga Kondisi Kesehatan

Pelepasan calon jamaah haji Kendal 2017

0
811

Sebanyak 1.097 calon jamaah haji asal Kendal mengikuti acara Pelepasan Calon Jamaah haji di Pendopo Kabupaten Kendal Senin (24/7/2017). Calon jamaah haji Kab Kendal terbagi dalam 4 kloter, yaitu Kloter 20, Kloter 75, Kloter 76 dan Kloter 77. Kloter 20 sebanyak 355 orang, berangkat dari Pendopo Kab Kendal pada Rabu 2 Agustus 2017 waktu subuh. Kloter 75 sebanyak 235 orang, berangkat Pendopo Kab Kendal Jumat 18 Agustus dini hari. Kloter 76 sebanyak 355 orang, berangkat dari Pendopo Kab Kendal hari Sabtu 19 Agustus dini hari, dan Kloter 77 sebanyak 165 orang, berangkat dari Pendopo Kab Kendal hari Sabtu 19 Agustus pukul 2 siang.

Kepala Kementerian Agama Kendal, H Saerozi mengatakan, semua calon jamaah haji diberangkatkan secara terpusat dari Pendopo Kab Kendal. Dari 4 Kloter tersebut, dua di antaranya bergabung dengan calon jamaah haji dari daerah lain, yaitu Kloter 75 bergabung dengan Salatiga dan Kloter 77 bergabung dengan Karanganyar. “Sebelum ini, calon jamaah telah mengikuti 6 kali manasik haji di kecamatan masing-masing dan dua kali manasik haji se kabupaten,”katanya.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, H Sumari menambahkan, dua orang batal berangkat karena meninggal dunia dan satu orang tidak bisa diberangkatkan karena sakit. Petugas TPPHD Kab Kendal tahun 2017 ini sebanyak 8 petugas. “Dua calon jamaah itu meninggal sebelum pembagian kloter,”katanya.

Sumari mengatakan, sebelum berangkat, calon jamaah haji harus benar-benar menjaga kondisi kesehatan dan jangan sampai kelelahan. Untuk itu dianjurkan agar membatasi tamu-tamu yang datang, jangan sampai larut malam. “Sebaiknya jam menerima tamu dibatasi jangan sampai malam, supaya ketika berangkat tidak kelelahan,”imbaunya.

Bupati Kendal dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Masrur Masykur berpesan kepada para jamaah agar saling membantu dan menjaga rasa kekeluargaan dan persaudaraan. Niatkan dengan tulus dan hati yang bersih. “Semoga semuanya bisa menjalankan ibadah haji dengan baik, kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur,”harapnya.