Pelabuhan Kendal Berencana Tambah Rute ke Banjarmasin

Pelabuhan Kendal berencana menambah satu kapal untuk tujuan Banjarmasih 2017

0
3095

Pelabuhan Kendal rencananya akan menambah satu kapal lagi untuk tujuan Kendal – Banjarmasin. Kepala Dinas Perhubungan Kendal, M Toha mengatakan,  kajian rute akan segera dilakukan. Dikatakan, untuk kapal, pihak ASDP menyatakan siap menyediakan, sehingga realisasinya tergantung permintaan Pemda dan Pusat. “Targetnya Lebaran mendatang sudah bisa direalisasikan,”ujarnya.

Saat ini, hanya ada dua kapal, yaitu kapal untuk tujuan Kendal – Kumai Kalimantan Tengah dan satu kapal untuk tujuan Kendal – Karimunjawa. Pada hari-hari biasa, jumlah penumpang belum begitu banyak, baik untuk tujuan Kumai maupun Karimunjawa. Kapal tujuan Kumai lebih sering mengangkut truk-truk yang memuat barang-barang sembako dan barang lainnya. Kapal tujuan ke Karimunjawa mengandalkan penumpang berwisata, namun belum begitu ramai.

Sementara itu, Kepala ASDP Cabang Jepara Perwakilan Kendal. Ismit Abdul Manan mengatakan, pihak ASDP siap menyediakan kapalnya. Dikatakan, perjalanan Kendal – Banjarmasin memakan waktu sekitar 30-34 jam. Prospek Kendal – Banjarmasih diperkirakan akan ramai/ pasalnya belum ada kapal tujuan ke Banjarmasin dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Selama ini penumpang yang akan ke Banjarmasin harus ke Tanjung Perak Surabaya. “Saya kira, untuk tujuan Banjarmasin akan lebih ramai,”katanya.