Kesbangpol Kendal Adakan Pembinaan Ormas

Kesbangpol Kendal mengadakan pembinaan ormas.

0
1050

Pembinaan terhadap ormas maupun partai politik sangat penting. Langkah ini untuk menstabilkan kondisi politik dan kemasyarakatan di Kab Kendal. Hal ini dikatakan Ketua Komisi A DPRD Kendal H Solihin saat kegiatan Pembinaan Ormas yang diadakan oleh Kesbangpol Kendal di Aula ex Gedung Wanita Kendal, Selasa (15/8/2017) dengan  tema Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Bermasyarakat yang diikuti anggota ornas Gibas Kendal. Dikatakan, Ormas harus memiliki pondasi beroraganisasi yang baik demi menjaga stabilitas bangsa dan negara, sebab jika tidak didasari pondasi yang kuat, maka akan maka rapuh. “Pondasi tersebut adalah dengan   menanamkan 4 pilar, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggalika,”jelasnya.

Menurut Solihin, pondasi 4 pilar ini luar biasa, karena bisa menangkal berbagai paham dan serangan dari luar. Dikatakan, Pancasila adalah dasar negara, sehingga ormas yang ada di Indonesia harus berlandaskan Pancasila. UUD 45 itu sebagai landasan hukum, maka semua produk hukum di Indonesia tidak boleh melenceng dari UUD 45.  NKRI harus selalu didengungkan, karena Indonesia terdiri dari banyak pulau. Bhineka Tunggalika harus ditanamkan untuk menyatukan adanya perbedaan. “Tanamankan cinta damai, sehingga jika ada persoalan harus didiskusikan untuk mencari solusi terbaik,”ujarnya.

Kasi Bina Politik dan Hubungan Antar Lembaga pada Kesbangpol Kendal, Rini Utami mengatakan, pembinaan terhadap Ormas ini terkait dengan Perpu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas sebagai pengganti Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013. Dikatakan,  bahwa negara berkewajiban menegakkan NKRI berdasarka Pancasila dan UUD 44. Menurutnya, saat ini disinyalir banyak ormas yang melenceng, sehingga harus diluruskan. Dikeluarkannya Perpu ini sama sekali tidak ada maksud dari pemerintah untuk menghambat ormas. “Pemerintah akan menjaga warga yang berserikat dan berkumpul, asal sesuai Pancasila,”ujarnya.

Narasumber lain Kaur Binops Intelkam Polres Kendal Iptu Surismanto yang menyampaikan materi tentang Tugas Ormas dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban. Pembinaan Ormas kali ini hanya mengundang anggota ormas Gibas Kendal.