Konsultan dari Jerman Beri Pelatihan Manajemen Keuangan Usaha Mikro di Kendal

Pelatihan simulasi keuangan UMKM dari Jerman Foundation di Kendal

0
862

Para pelaku usaha mikro diharapkan menerapkaan manajemen yang baik, seperti membuat laporan pembukuan keuangan secara rutin, baik harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Menurut Massa, seorang Konsultan nasional untuk Kredit Mikro dan Simulasi Mikro, bahwa dengan tertib pembukuan, maka akan diketahui dengan jelas kondisi keuangan usahanya, sehingga bisa terlihat keuntungan atau kerugian dari usahanya. “Dari pembukuan keuangan itu juga bisa dijadikan untuk evaluasi perbaikan usahanya,”katanya.

Massa bersama Patricia Lembong, memberikan pelatihan Simulasi Usaha Micro yang diikuti anggota Paguyuban UMKM Kendaa selama 2 hari, Rabu dan Kamis (23-24/8/2017) di Bugangin Kendal.  Simulasi Usaha Mikro merupakan metode yang dikembangkan di Jerman oleh bank Sparkassen di 22 negara. Dikatakan, di Indonesia baru Jawa Tengah yang mengadakan, kemudian segera menyusul daerah lain di antaranya Medan.  “Materinya tentang teknologi simulasi usaha mikro dengan tatakelola yang baik,”kata Massa.

Ketua Paguyuban UMKM Kendal, Dian Mardiana selaku koordinator mengataakan, kegiatan ini yang diadakan ketiga kalinya, dengan tujuan untuk memajukan UMKM yang ada di Kendal. Kegiatan Pelatihan Simulasi Keungan ini diadakan oleh Sparkassen Foundation dari Jerman. Anja Peters, Senior Advisor SBFIC ikut hadir dalam kegiatan ini. “Tiap kelas pelatihan diisi maksimal 15 orang, makanya diadakan secara bertahap,”katanya.