Relawan Rumah Zakat Desa Kebonharjo Patebon Salurkan Bantuan Modal Usaha

Rumah Zakat Kebonharjo beri bantuan modal usaha

0
1102

Barokah (45th), warga RT 2/3 Desa Kebonharjo Kecamatan Patebon, kini sudah bisa tersenyum. Pasalnya, Barokah sudah memiliki usaha, setelah sempat menganggur karena warung tempatnya bekerja harus tutup. Walau hanya usaha kecil-kecilan yaitu berjualan makanan dan minuman di sekolah, namun sudah bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Barokah yang harus menjadi single parent, karena suaminya  meninggal dunia, sehingga harus berjuang untuk mencukupi kebutuhan anak-anaknya yang masih kecil. Berkat bantuan modal dari Rumah Zakat melalui, Barokah bisa membuka usaha dengan berjualan jajanan anak-anak sekolah. “Saya dapat bantuan gerobag, blender, dan modal untuk kulakan. Alhamdulillah sudah punya usaha untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari,”ujarnya.

Barolah mendapat bantuan modal dari Rumah Zakat melalui seorang relawan Rumah Zakat di Desa Kebonharjo, Siti Munawaroh. Melaui program Senyum Mandiri yang khusus melakukan pendampingan UKM, Rumah Zakat memberikan bantuan modal kepada warga miskin yang ingin membuka usaha atau mengembangkan usahanya. “Tahun 2017 ini ada sekitar 10 warga yang mendapat bantuan mudal. Salah satunya Ibu Barokah,”katanya.

Siti mengatakan, Rumah Zakat tidak memberikan bantuan berupa uang, tapi bantuan berupa peralatan usaha dan modal untuk belanja. Dengan cara seperti itu, maka bantuan yang diberikan benar-benar digunakan untuk usaha. Selain itu, juga dilakukan pendampingan untuk mengetahui perkembangan usahanya. “Kami tidak lepas begitu saja, tapi ada pendampingan. Hampir tiap hari memantau satu per satu untuk melihat usahanya. Selain itu, tiap seminggu sekali diadakan pertemuan yang tujuannya untuk sharing sekaligus pengajian,”pungkasnya.