Seribu Relawan Kendal Ikut Aksi Tanam Mangrove

Bupati Kendal aksi tanam seribu mangrove

0
658

Bupati Kendal dr Mirna Annisa bersama anggota Forkompimda, anggota DPRD dan para pejabat Kendal mengikuti Gerakan Aksi Seribu Tanam Mangrove di Kawasan Bleder dan Pulau Tiban Desa Kartika Jaya Minggu (20/11/2017). Aksi tanam magrove yang diadakan oleh BPBD Kendal ini melibatkan seribu relawan dari berbagai komunitas, ormas, pelajar dan mahasiswa.

Bupati Mirna mengatakan,  saat ini kualitas lingkungan menurun drastis, seperti kerusakan hutan. Untuk pemulihan lingkungan harus digerakkan dengan program penghijauan. Masyarakat diharapkan aktif dan proaktif, seperti aksi penghijauan melalui aksi tanam mangrove. Masyarakat bersama-sama bertanggung jawab untuk ikut menjaga lingkungan. “Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk terlibat penanaman mangrove,”harapnya.

Dikatakan, kerusakan pantai bisa menyebabkan bencana alam, maka kesadaran menanam pohon harus ditanamkan sejak dini supaya peludi terhadap lingkungan. “Saya mengimbau agar gerakan penghijaun seperi aksi menanam mangrove terus digalakkan. “Setelah menanam, maka yang lebih penting lagi agar ikut memelihara. Kegiatan ini tidak hanya seremonial, tapi harus turus menjaga dan memeliharanya,”ucapnya.

Kepala Pelaksanaan Harian BPBD Provinsi Jateng, Sarwa Pramana mengatakan, Kendal merupakan salah satu dari 136 kabupaten di Indonesia yang mendapatkan perhatian dari pemerintah dalam Program Gerakan Penanggulangan Risiko Bencana dengan mengadakan Sekolah Laut. Salah satu kegiataan sekolah Laut adalah Aksi Tanam Seribu Mangrove yang bertujuan untuk mencegah abrasi.   “Abrasi laut di Kendal memang tidak begitu parah, seperti Pekalongan dan Rembang. Aksi tanam magrove ini untuk mencegah abrasi,”katanya.

Kepala BPBD Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, Sekolah Laut di Desa Kartika Jaya merupakan percontohan di Kab Kendal. Kegiatan Sekolah Laut yang melibatkan masyarakat setempat ini diikuti dengan pembentukan relawan peduli lingkungan. “Para relawan ini yang menjadi penggerak bagi masyarakat untuk menjaga dan memelihara tanaman mangrove ini,”harapnya.