Anggota DPR RI Mujib Rohmat Ajak Sekolah Atasi Persoalan Anak Putus Sekolah

Anggota DPR RI Mujib Rohmat pertemuan dengan MKKS SMP se Kab Kendal

0
932

Jumlah anak di Kabupaten Kendal yang tidak menuntaskan pendidikan formal sampai 12 tahun ternyata cukup banyak. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal pada Oktober 2017 lalu jumlahnya mencapai 4.024 anak. Sedangkan angka lama bersekolah di Kabupaten Kendal rata-rata 7,7 tahun. Keterangan ini disampaikan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Mujib Rohmat usai bertemu dengan Sekda Kendal di kantornya, Jumat (12/1/2017) . “Angka itu termasuk tinggi,”ucapnya.

Karena itulah, anggota DPR RI asal Kaliwungu itu mengadakan pertemuan dengan MKKS SMP se Kab Kendal guna mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan ini. “Kami ingin mendapatkan keterangan dari pihak sekolah terkait anak putus sekolah dan masukan-masukan untuk solusinya,”jelasnya.
Menurutnya, untuk menyelesaikan permasalahan anak putus sekolah atau tidak mau malanjutkan sekolah sampai 9 tahun perlu ada pendekatan penyadaran terhadap masyarakat dan memberikan motivasi kepada anak supaya semangat bersekolah. “Untuk mengatasi masalah ini harus ada peran serta dari pihak sekolah atau guru agar senantiasa memberikan motivasi terhadap anak dan pihak orang tua,”ujarnya.
Mujib mengatakan, Kendal sebagai daerah yang bersebelahan dengan Kota Semarang harusnya bisa mengimbangi kemajuan Semarang. Khususnya bidang pendidikan, sebab melalui pendidikan inilah yang dapat membangkitkan untuk kemajuan daerah. “Jangan sampai sebagai daerah tetangga, Kendal kalah jauh dari Semarang,”harapnya.