Kethoprak Warga Hibur Festival Desa Cepiring

Festival Desa cepiring 2018

0
562

Hiburan kethoprak dari Kelompok Perempuan Mandiri Cepiring meramaikan acara Festival Desa yang digelar di Lapangan Semut Desa Cepiring Minggu (14/1/2018). Kegiatan yang diadakan oleh Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Kendal yaitu bazar UMKM, lomba Mars PKK, lomba daur ulang sampah dan pameran foto-foto kegiatan desa.

Kethoprak yang dimainkan oleh warga Desa Cepiring sekaligus sosialisasi tentang pembentukan Kelompok Usaha bersama Ekonomi (KUBE). Pembentukan KUBE merupakan solusi untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan secara kelompok.
Anggota KPI Kendal, Ema Wijayanti mengatakan, program yang diadakan KPI di antaranya pemberdayaan kaum perempuan. Harapannya agar kaum perempuan mau memberikan sumbangsihnya bagi pembangunan di desanya. Potensi perempuan yang besar sering tidak bisa diwujudkan hanya karena enggan atau malu untuk menyampaikannya. Karena itu KPI memberikan pelatihan tentang berbicara di depan umum. “Kegiatannya berupa kelompok belajar yang di dalamnya ada pelatihan keterampilan, juga ada pelatihan cara berbicara di depan umum,”katanya.
Ema mengatakan, KPI juga memberikan pendampingan terhadap perempuan yang mendapat tindak kekerasan. “Intinya agar hak-hak perempuan itu terlindungi,”ujarnya.