Disdukcapil Kejar Selesaikan Cetak KTP-el, 4 Hari sudah jadi

Disdukcapil Kendal kejar selesaikan cetak KTP el

0
887
Syarat utama bagi warga untuk bisa mencoblos dalam pemilihan umum, termasuk pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahuhn 2018 itu harus memiliki KTP elektronik (KTP el) atau sudah melakukan perekaman data KTP el. Karena itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabuapten Kendal akan menuntaskan perekaman data KTP el bagi warga Kabupaten Kendal yang sudah berusia 17 tahun pada tanggal pelksanaan pencoblosan yaitu tanggal 27 Juni 2018. Upaya yang dilakukan yaitu melakukan jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah dan rumah-rumah difabel untuk melakukan pembuatan dan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el).

Untuk percepatan perekaman data KTP el, pihaknya  dalam  satu hari bisa mencetak antara  300 sampai 400  keping KTP el. Hal ini sesuai  anjuran  Mendagri untuk percepatan pembuatan KTP el  jelang  Pemilihan umum supaya  warga  bisa ikut berpartisipasi mensukseskan  pemilu, sebab  salah satunya  syarat   ikut pemilu adalah  KTP el.
Kepala Disdukcapil Kendal, Bambang Dwiyono mengatakan, selain itu juga mendatangi wilayah yang sulit dijangkau. Dari jumlah penduduk di Kabupaten Kendal sebanyak 976.752 jiwa, yang sudah wajib KTP el sebanyak 737.445 jiwa. Dari sebanyak itu, yang sudah melakukan perekaman ada 672.199 jiwa. Jadi, masih ada 65.246 warga  yang belum melakukan perekaman KTP el.  Untuk blanko KTP el cukup tersedia. Saat ini masih ada  7.759 keping blanko KTP el.  “Saat ini   bagi  warga  yang  mengurus KTP el baru  dalam  waktu  empat hari  sudah jadi,”katanya kemarin.
Jika sebelumnya membuat KPT el sampai berbulan-bulan, tapi sekarang empat haris sudah jadi. Seperti disampaikan Yulia  warga  Weleri Kendal  yang membuat  KTP el  tanggal  23 Januari 2018, namun  beberapa hari lalu sudah  jadi. “Dulu katanya jadinya sampai berbulan-bulan, tapi Saya membuat KTP el hanya empat hari sudah jadi,”katanya.