Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Gonoharjo Limbangan Adakan Pelatihan Batik

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Gonoharjo Limbangan Adakan Pelatihan Batik

0
890

Relawan Inspirasi Desa Gonoharjo Kec Limbangan bekerjasama dengan Pegiat Wirausaha desa setempat dan Omah Kebon mengadakan pelatihan membatik. Pelatihan yang diadakan di Balai desa Gonoharjo selama seminggu mulai 15 sampai 12 Februari 2018 ini diikuti oleh 12 orang terpilih dari setiap dusun di Desa Gonoharjo.

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Gonoharjo, Annisa mengatakan, tujuan pelatihan batik untuk pembentukan paguyuban batik. Selain 12 orang peserta inti,  kegiatan pelatihan ini juga terbuka untuk masyarakat umum dan gratis. “Peralatan dan kain sudah disediakan dan masyarakat yang berminat bisa langsung ikut gabung acara pelatihan,”ucapnya.

Mulyani, pendamping kegiatan pelatihan menambahkan, kegiatan pelatihan akan berlanjut setiap bulannya untuk belajar berbagai teknik membatik, di antaranya batik tulis,  batik cap, batik jumputan, baik dengan pewarna sintetis maupun pewarna alami. “Pihak desa memberikian dukungan penuh dan berharap kegiatan pemberdayaan ini bisa terus berlanjut dan didampingi untuk meningkatkan ketrampilan dan ekonomi masyarakat,”katanya.

Acara dibuka Senin kemarin oleh Camat Limbangan, Widodo, S.sos dengan menyerahkan peralatan membatik secara simbolis kepada peserta.