Kendal Masuk Lima Besar Daerah dengan Serapan Anggaran Tertinggi di Jateng

Peresmian hasil-hasil pembangunan Kab Kendal tahun 2017

0
846
Penyerapan anggaran Pemkab Kendal tahun 2017 dinilai cukup bagus. Semua ini berkat kerja keras semua pihak tak terkecuali administrator yang menjalankan segala sesuatunya dengan penuh ketulusan dan komitmen. Hal ini disampaikan Bupati Kendal dr Mirna Annisa saat acara Peresmian Hasil-hasil Pembangunan Tahun 2017 yang digelar di Puskesmas Brangsong 2 pada Rabu (14/2/2018). “Serapan anggarannya hampir seratus persen. yang tidak bisa dilaksanakan hanya anggaran DAK pusat, karena terbentur aturan,”katanya.

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, dalam dua tahun terakhir ini, Kabupaten kendal masuk lima besar terbaik dalam hal serapan anggaran. Karena itu mendapatkan ucapan terima kasih dari gubernur Jawa Tengah. Ke depan tetap membutuhkan semangat dan komitmen jauh lebih besar karena tantanganya akan lebih berat.  “Pembangunan ini tidak akan berhasil tanpa kerja keras kita semua, partisipasi masyarakat dan rekanan-rekanan yang memang berkomitmen membangun dengan kualitas bagus,”katanya.
Mirna Annisa menyatakan, walaupun capaian prestasi sudah luar biasa, namun masih mendapat caci makian. Selain itu, terkadang masyarakat belum mampu membedakan mana yang menjadi kewenangan kabupaten yang sudah diselesaikan dan mana yang jadi kewenangan provinsi dan pusat. Seperti masyarakat yang menuntut pembangunan insfrastruktur jalan, padahal pembangunan tidak sekedar jalan, tapi ada pembangunan lainnya yang juga penting. “Ini terkadang yang  tidak bisa dipahami oleh sebagian masyarakat,” tukas dia.
Kepala Bagian Administrasi dan Pembangunan Kabupaten Kendal Sugeng Prayitno mengatakan, tujuanya pelaksanaan gelar hasil pembangunan ini agar segera dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja aparatur maupun pelayanan pada masyarakat. Masyarakat juga bisa merasa memiliki, dan menggunakan sesuai dengan keperuntukannya serta ikut menjaga kebersihan dan keamanan. “Serta memperkenalkan produk unggulan dan makanan olahan berbahan baku lokal dari Kendal, agar bisa berkembang menjadi ungggulan wisata kuliner khas Kendal,” kata dia.
Peresmian hasil-hasil pembangunan ini ditandai dengan penandatangan prasasti untuk lima paket pekerjaan. Yakni pembangunan Puskesmas Brangsong II, pembangunan Pasar Kangkung, pembangunan gedung Kantor Pelabuhan Niaga, pembangunan gedung gizi RSUD dr Soewondo Kendal dan rehabilitasi saluran irigasi Desa Dawungsari, Kecamatan Pegandon. Dalam acara tersebut, bupati juga melaunching LPJU Smart City, dan melakukan teleconference dengan Puskesmas Kaliwungu, Puskesmas Sukorejo 01 dan Puskesmas Rowosari 02.