Peran PKK di Desa harus Ditingkatkan

Rakerda PKK Kab Kendal 2018

0
860
Rapat Kerja Daerah PKK Kabupaten Kendal tahun 2018 mengambil tema Meningkatkan Peran PKK-PKK Kelompok di Desa dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal Erna Ibnu Darmawan saat Rakerda PKK di Gedung Wanita Pemkab Kendal Rabu 21 Februari 2018 mengatakan, peran kelompok PKK di desa, seperti di tingkat RT/ RW dan dasawisma  supaya lebih ditingkatkan. Misalnya ikut aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait gizi buruk, penyakit menular dan menyukseskan Program Sanitasi Total berbasis Masyarakat. Hal yang akan dilakukan di antaranya menertibkan administrasi PKK, seperti pencatatan data kemiskinan, anak putus sekolah, jumlah balita, ibu hamil dan sebagainya. “Peran PKK di desa perlu ditingkatkan,”katanya.
Selain itu, untuk program PKK di tahun 2018 ini akan fokus pada sosialisasi gerakan Pola Asuh Anak dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang. Hal ini supaya orang tua benar-benar mengasuh anak-anaknya dengan penuh cinta kasih dan sayang. Akibat kesibukan orang tua, jangan sampai kurang perhatian terhadap anak. Dikatakan/ adanya kemajuan di bidang Teknologi Informasi, maka anak-anak akan lebih mudah terpengaruh oleh arus informasi yang mudah diakses melalui HP. Karena itu orang tua harus memperhatikan atau mengawasi supaya anak tidak terpengaruh hal-hal negatif, seperti narkoba. “Jangan sampai karena kesibukan, baik sibuk bekerja atau sibuk mengurus PKK sekalipun tidak boleh mengurangi perhatian terhadap anak-anak,”katanya.
PKK juga diharapkan proaktif dalam perencanaan pembangunan di desa. Sebagaimana disampaikan oleh Kristanto, selaku Tenaga Ahli P3MD (Program Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa), dengan adanya Dana Desa, maka PKK bisa mengusulkan program-programnya dalam Musrenbang Desa. “Program untuk pemberdayaan perempuan kan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga bisa dianggarkan melalui Dana Desa. Seperti pelatihan keterampilan, penyuluhan kesehatan dan sebagainya pada hakekatnya untuk kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.