Tim Saber Pungli Kendal akan Tindak Tegas Pelaku Pungli

Sosialisasi Pemberantasan Pungli Pemkab Kendal

0
705
Tim Saber Pungli Kendal akan bertindak tegas terhadap siapa pun yang melakukan pungutan liar (pungli). Pasalnya, Tim Saber Pungli telah melakukan sosialisasi terkait tindakan pungutan liar, baik kepada pimpinan OPD, sekolah dan semua pelaksana pelayanan publik di semua kecamatan, termasuk UPTD Pendidikan di Kab Kendal.

Kasat Binmas Polres Kendal, AKP Suratno selaku Ketua Pokja Pencegahan Tim Saber Pungli Kab Kendal mengatakan, karena sosialisasi sudah dilakukan, maka tidak ada alasan tidak mengetahui tentang perbuatan pungli. Seperti di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sosialisasi sudah dilakukan di semua UPTD Pendidikan. “Kalau sudah mengetahui jika pungli itu dilarang, tapi masih nekad melakukan pungli, maka akan ditindak tegas. Berbeda dengan sebelumnya, masih toleransi dengan hanya memberikan pembinaan, karena memang belum mengetahui tentang perbuatan pungli yang sebenarnya,”katanya saat Sosialisasi Pemberantasan Pungutan Liar Kab Kendal di Pendopo Kab Kendal Selasa 20 Maret 2018.
Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kendal, Eddy Wijayanto, SH meminta kepada sesama pimpinan OPD untuk saling mengingatkan agar tidak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pungli. Kepada semua pimpinan OPD juga diminta untuk menyampaikan kepada pegawainya agar tidak melakukan pungli. Pasalnya, sanksinya berat, tidak hanya sanksi pidana dan denda, tapi akan menanggung malu bagi seluruh keluarga.
Sementara itu Kepala Kesbangpol Kendal Ferinando Bonay mengatakan, beberapa sasaran Saber Pungli di antaranya pada instansi pelayanan publik, perizinan, kepegawaian, pengadaan barang dan jasa, perencanaan dan pelayanan sertipikat. “Berdasarkan data  dari Ombudsment, kasus pungli terbanyak di Dinas Pendidikan. Kasusnya bisa karena ketidaktahuan, tapi ada juga yang sudah tahu, tapi nekad berbuat pungli. Karena itu jika kurang belum paham tentang peraturan, maka sebaiknya konsultasi ke Tim Saber Pungli, bisa ke Inspektoran atau Polres Kendal,”kata Fery.
Pada Sosialisasi Pemberantasan Pungutan Liar yang diikuti seluruh kepala OPD Pemkab Kendal, semua Pokja di Tim Saber Pungli menyampaikan materinya masing-masing. Mulai Pokja Pencegahan, Pokja Intelijen, Pokja Penindakan, dan Pokja Yustisi.