BUMDes Bangkit Jaya Desa Pegandon Produksi Pupuk Organik

BUMDes di Desa Pegandon produksi pupuk organik

0
1180
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bangkit Jaya di Desa Pegandon Kecamatan Pegandon memiliki produk unggulan berupa pupuk organik. Beberapa jenis pupuk organik yang diproduksi yaitu kompos sampah, pupuk organik cair dan pupuk lengkap NPK.

Pengelola BUMDes Bangkit Jaya, Sobirin menjelaskan, untuk pupuk organik cair terdiri dari tiga macam, yaitu yang berfungsi untuk menyehatkan tanah, memacu pertumbuhan tanaman, dan satunya lagi berfungsi untuk memaksimalkan hasil tanaman buah. Pupuk tersebut terbuat dari limbah sampah organik, air kelapa, air leri dan gula aren. “Jika menggunakan pupuk organik tersebut, maka buahnya banyak, besar dan manis,”katanya.

Sobirin mengatakan, BUMDes Bangkit Jaya berdiri sejak tahun 2015. Tujuan membuat pupuk organik adalah untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia. Oleh karena itu diharapkan para petani bisa membuat sendiri. Sementara ini untuk pemasarannya sudah cukup lumayan, tapi masih di kalangan petani sendiri, karena belum dilakukan uji laboratorium. “Pemasarannya belum sampai ke luar daerah, karena belum dilakukan uji laboratorium,”katanya.

Sekretaris Kecamatan Pegandon, Adi Muktianto mengatakan, di Kecamatan Pegandon, dari 12 desa, yang sudah  mendirikan BUMDes sebanyak 10 desa. Tiap-tiap BUMDes memiliki jenis usaha sendiri-sendiri. “Yang dua desa sedang diupayakan di tahun 2018 ini sudah mendirikan BUMDesa,”harapnya.