Dinkes Kendal sudah Punya Petugas Public Safety Center (PSC)

DKK Kendal punya Petugas Public Safety Center

0
1310

Ada yang berbeda saat upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Alun-alun Kendal, Senin (21/5/2018). Yaitu ada beberapa petugas berseragam hitam yang berada di luar barisan peserta upacara. Mereka adalah petugas kesehatan dari PSC Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, yang biasanya ditangani oleh petugas kesehatan dari PMI Kendal.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal beru memiliki petugas Public Safety Center (PSC) mulai Januari 2018 ini yang dilengkap dengan satu mobil ambulans beserta perlatan kesehatan. Jumlah petugasnya ada 15 orang yang terdiri dari bidan dan perawat yang bertugas selama 24 jam secara bergilir.  Markasnya berada di Griya Sehat Kendal depan Kantor Kecamatan Kendal. PSC juga dibantu dokter dari Dinas Kesehatan.

Menurut seorang petugas PSC, Erdy, bahwa petugas PSC selalu siap selama 24 jam untuk membantu masyarakat yang memerlukan bantuan transportasi ambulan dan pertolongan pertama kesehatan. “PSC ini bekerja sama dengan Satlantas, jika ada kecelakaan yang memerlukan bantuan ambulan,”katanya.
Erdy menambahkan, selain bekerja sama dengan Satlantas, juga membantu masyarakat umum, seperti ibu yang akan melahirkan yang memerlukan bantuan ambulan. PSC juga bertugas pada kegiatan keramaian, seperti kegiatan upacara untuk memberikan bantuan kesehatan, jika ada yang semaput atau lainnya. “Masyarakat yang memerlukan bantuan ambulan tidak dipungut biaya sama sekali. Silakan bisa telpon ke nomor center 119,”jelasnya.