Bupati Mirna Lepas Peserta Khitan Massal di Masjid Agung Kendal

Pelepasan peserta sunatan massal di Masjid Agung Kendal

0
537

Bupati Kendal Mirna Annisa berharap peserta khitan massal di Masjid Agung Kendal untuk tahun mendatang bisa lebih banyak lagi. Hal ini disampaikan Bupati Mirna saat acara penyerahan anak-anak yang sudah dikhitan kepada orang tuanya masing-masing usai sholat Idul Adha, Rabu (22/8/2018).

“Kami akan upayakan supaya tahun depan peserta khitan massal ini bisa lebih banyak lagi. Nanti Pemda bisa membantu anggaran dan mengerahkan tenaga medisnya,”ucapnya.

Peserta khitanan massal di Masjid Agung yang rutin tiap tahun pada Hari Raya Idul Adha, pesertanya dari tahun ke tahun cenderung naik. Namun mengingat pihak panitia atau Takmir Masjid membatasi hanya sampai 100 anak, dengan alasan mempertimbangkan waktu pelaksanaan dan jumlah petugas khitan atau tenaga medis.

Takmir Masjid Agung Kendal, KH Ubaidilah mengatakan, jumlah peserta khitan massal tahun ini sebanyak 105 anak. Mereka berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kendal, bahkan ada yang dari luar kabupaten. Pesertanya tidak hanya anak dari keluarga kurang mampu, tapi ada juga dari keluarga mampu. Selain karena keinginan anak sendiri, karena banyak temannya, juga karena keinginan orang sendiri. “Semakin banyak orang tua yang mengikutkan anaknya khitan massal di masjid, karena berharap anaknya menjadi menjadi anak yang sholeh dan rajik beribadah ke masjid,”jelasnya.

Pelepasan anak-anak yang sudah dikhitan ditandai dengan bersalaman, sekaligus pemberian uang saku dari para dermawan. Di Masjid Agung Kendal tahun ini jumlah hewan kurban ada 8 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Satu ekor sapi di antaranya merupakan kurban dari Bupati Mirna.