Polres Kendal Kurban 4 Sapi dan 19 Kambing

Penyembelihan hewan kurban di Polres Kendal

0
383

Polres Kendal menghimpun 4 ekor sapi dan 19 ekor kambing untuk kurban di Hari Raya Idul Adha, Rabu 22 Agustus 2018. Hewan kurban tersebut merupakan kurban dari Kapolres Kendal, wakapolres Kendal, perwira para anggota Polres Kendal. Jumlah tersebut lebih banyak dari tahun lalu, yang hanya 2 ekor sapi dan 19 ekor kambing.

Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya mengatakan, hewan kurban yang sudah disembelih dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Namun ada beberapa ekor yang diserahkan ke masjid dan panti asuhan. “Ada yang diberikan di masjid Agung Kendal dan beberapa panti asuhan,”katanya.

Kapolres Adiwijaya mengatakan, hewan kurban, terutama sapi sudah diperiksa oleh dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kendal. “Tadi setelah diperiksa oleh petugas, yaitu dari hati sapi, semuanya dalam kondisi baik dan aman untuk dikonsumsi,”ujarnya.

Petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Kab Kendal, drh. I Wayan Widiada mengatakan, dari hasil pemeriksaan, hewan kurban di Polres Kendal kondisinya sehat, tidak ada hati sapi yang mengandung telur dan larva cacing hati.

“Jika di hati sapi ada telur atau larva cacing hati, maka hati tersebut harus dibuang dan tidak boleh dimakan, karena jika dimakan manusia atau masuk ke tubuh manusia, maka akan menetas menjadi cacing pita. Larva atau telur cacing hati itu tidak akan mati, walau sudah direbus sampai 100 derajat celcius,”jelasnya.