Hiburan Tiga Hari Tiga Malam Ramaikan Pesta Laut di Tawang Gempolsewu

Sedekah Laut di TPI Gempolsewu Rowosari

0
1154
Acara Sedekah Laut di TPI Tawang, Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari diramaikan berbagai hiburan dan pasar malam. Acara yang digelar  tiga hari tiga malam, selain hiburan utama berupa wayang kulit, wayang golek, kethoprak, juga ada hiburan musik dangdut yang digelar di tiap-tiap dusun.

Kepala Desa Gempolsewu, Heri Mardianto mengatakan, selain hiburan kesenian, juga diadakan pertandingan olahraga, yaitu kompetisi sepakbola dan lomba perahu dayung. “Acaranya macam-macam, bahkan di tiap gang menggelar musik dangdut sendiri-sendiri,”katanya.
Puncak acara Sedekah Laut berupa larung sesaji pada Jumat (05/10/2018) dari bandara TPI menuju perairan laut.  Ratusan perahu yang ditumpangi warga ikut mengiringi ritual larung sesaji.

Bupati Kendal Mirna Annisa beserta beberapa kepala OPD Kendal juga ikut naik perahu bersama warga menuju perairan laut.

Bupati Kendal Mirna Annisa berharap agar acara ini bisa terus dikembangkan, sehingga menjadi tujuan wisata andalan. Apalagi di TPI Tawang hampir setiap bulan selalu ada hiburan, baik kesenian maupun olahraga, sehingga bisa menjadi daya tarik wisata. “Ini bisa dikembangkan menjadi wisata unggulan di Kendal, karena potensinya sangat besar,”ujarnya.