Kawasan TPI Tawang akan Dijadikan Tempat Wisata

PPP Tawang akan jadikan TPI Tawang sebagai tempat wisata

0
1548

Kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tawang di Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari akan dijadikan destinasi wisata. TPI terbesar di Kabupaten Kendal itu berada di tepi sungai tempat bersandarnya ratusan perahu nelayan, sehingga cocok juga sebagai wisata sungai. Selain gedungnya yang cukup besar, juga memiliki halaman yang cukup luas. Kondisinya selalu ramai, karena sudah sudah menjadi jujugan para pedagang ikan dan warga yang hanya membeli ikan untuk dikonsumsi sendiri.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tawang Kendal, Iman Kadarusman mengatakan, akan menjadikan kawasan TPI sebagai wisata edukasi dan wisata sungai dengan menaiki perahu sampai ke muara laut. Keinginan untuk menjadikan sebagai tempat wisata sebenarnya sudah cukup lama, namun di tahun 2018 ini mulai dirintis dengan melakukan pembenahan sarana dan prasarana penunjang wisata. Di antaranya memperbaiki dermaga dan penataan lapak-lapak. “Tahun ini baru memperbaiki dermaga dan membangun lapak, jumlahnya 48 tempat  yang diersiapkan untuk menjual produk olahan ikan,”katanya.

Kondisi sungai yang cukup lebar dan bersih tempat bersandar sekitar 900 perahu menjadi daya tarik bagi pengunjung wisata. Sebagian perahu berkapasitar 5 JT sekitar 850, lainnya berkapasitas di atas 5 JT.  Pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis ikan, terutama ikan tongkol, tengiri, udang dan cumi-cumi. “Hasil tangkapan ikan laut yang dibawa ke sini rata-rata 2 ton per hari,”katanya.

Menurut Iman, yang harus dibenahi, selain saran prasarana juga masalah kebersihan, penataan tempat parkir dan menjaga sedimentasi. Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi yang menangani masalah kebersihan. “Untuk menjadikan tempat ini sebagai wisata, kami sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pariwisata dan akan melakukan MoU dengan pihak kebersihan supaya bisa menjadi tempat wisata yang

Sementara itu Kepala Desa Gempolsewu, Heri Mardianto mengatakan, desanya memiliki banyak potensi yang bisa diangkat untuk menunjang wisata. Bukan hanya ikan-ikan dari laut, tapi ada juga budidaya keong dan berbagai macam olahan ikan. “Fasilitas penunjang, kami juga siap untuk home stay,”katanya.

Bupati Kendal Mirna Annisa juga melihat, bahwa TPI Tawang memiliki potensi yang cukup besar untuk dijadikan tempat wisata. Menurutnya, tradisi budaya seperti Sedekah Laut yang rutin digelar juga bisa menjadi daya tarik wisata. “Di sini ada acara Sedekah Laut yang tiap tahun digelar secara besar-besaran dengan hiburan wayang kulit, wayang golek, kethoprak, musik dangdut, juga tiap bulan selalu ada acara, baik kesenian maupun olahraga, seperti lomba dayung, sepakbola dan lainnya,”ujarnya.