Grup Band Arsakha Raih Juara Pertama Festival Musik Pemuda Kendal

Festival Musik Pemuda Kendal 2018

0
823

Grup band Arsakha berhasil meraih juara pertama pada Festival Musik Pemuda yang digelar di Lapangan Futsal Tirtoarum Baru Kendal, Minggu (09/12/2018). Dari lima kategori penilaian, yaitu kategori vocal, drum, gitar, bass dan keyboard, band Araskha menyabet dua kategori terbaik pada vocal dan drum dengan total nilai 3.560. Juara kedua band Cross Bee dengan nilai 3.410 dan juara ketiga TTAB dengan nilai 3.400. Untuk terbaik gitar diraih grup band Orpheus, terbaik bas dari X-Rodal dan terbaik keyboar dari Cross Be. Sedangkan juara favorit diraih band Bolster Melow.

Festival khusus untuk band lokal Kendal ini diadakan oleh KNPI Kendal bekerja sama dengan Komunitas Musisi Kendal (Komik) dan Selecta Production. Ketua Komik, Farid mengatakan, jumlah peserta semula sebanyak 21 grup band, kemudian setelah diadakan audisi, terpilih 10 grup terbaik yang tampil di babak final, yaitu grup band Sasukaku, Bolster Pillow, Arsakha, Skakmat, TTAB, X-Rodal, Orpheus, The Lalah, Dazzle dan Cross Bee. “Yang tampil di panggung adalah 10 band terbaik hasil audisi lalu,” katanya.
Farid mengatakan, penilaian utama dari segi harmonisasi yaitu musikalitas, aransemen dan kekompakan yang porsinya 50%, kemudian skil yang meliputi kreativitas dan improvisasi dengan porsi 25%. Penilaian lainnya dari segi performance yang meliputi aksi panggung, interaksi, kostum dan menghibur dengan porsi 15%. Penilaian terakhir dari segi ketepatan waktu dengan porsi 10%. “Selain itu ada penilaian khusus untuk band favorit dari dukungan penonton,” tambahnya.
Menurut Sekretaris KNPI Kendal, Parno, jika dilihat dari penampilan peserta, rata-rata sudah baik. Oleh karena itu KNPI Kendal akan terus mendorong band-band Kendal agar lebih baik lagi dengan menggelar kegiatan festival sebagai agenda rutin tiap tahun. “Tidak hanya festival band, ke depan KNPI juga akan menggelar festival dangdut,” katanya.
Sementara itu Ketua KNPI Kendal, Nanang Husni Faruk mengatakan, untuk mewadahi bakat seni lainnya, juga digelar pentas seni yang menyajikan musik, dance, pemutaran film pendek, puisis, pantomin dan stand up comedy. “Untuk meramaikan kegiatan kali ini juga ada bazar produk Kendal, atraksi sepeda mini dan skate board, potong rambut dari komunitas barbershop Kendal dan penggalangan dana untuk korban bencana,” pungkasnya.