Puluhan Hektar Tanaman Padi di Brangsong Terendam Banjir

Puluhan hektar di Kec Brangsong terkena banjir

0
365
Banjir yang terjadi pada Kamis kemarin di Kecamatan Brangsong juga merendam puluhan hektar tanaman padi. Akibatnya para petani mengalami kerugian jutaan rupiah. Bahkan sampai Jumat (5/4/2019) pagi masih ada tanaman padi yang terendam banjir.

Berdasarkan data dari UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Brangsong tercatat sekitar 58 hektar tanaman padi di lima desa terendam banjir. Yaitu di Desa Tosari 22 hektar, Sidorejo 21 hektar, Kertomulyo 10 hektar dan Tunggulsari 5 hektar. Usia padi rata-rata 70 – 90 hari dan sudah memasuki masa panen.
“Jika kondisi air langsung surut, kemungkinan kerusakan padi tidak begitu banyak,” kata Kepala UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Brangsong, Nona Siti Supadmi.
Menurut petani Desa Tosari Brangsong, Ridwan, dampak tanaman padi yang terkena banjir, hasil panen padi bisa turun. Jika kondisi normal, harga padi sekitar 4.000 rupiah per kilogram. Namun dengan kondisi terkena banjir, maka harga gabah hanya mencapai 3.500 rupiah per kilogram dalam kondisi basah. “Kalau kena banjir kan kualitas gabahnya kurang baik, sehingga harga turun,” katanya.