Kagama bersama Warga Lakukan Penanaman Mangrove di Kartikajaya

Kagama Kendal tanam mangrove di Kartikajaya

0
470
Keluarga Alumni Universitas Gajahmada (Kagama) bersama masyarakat Patebon Kendal gotong royong memperbaiki kawasan hutan mangrove di kawasan Pantai Kartika Jaya. Kegiatan yang dilakukan pada Kamis (11/4/2019) juga diikuti anggota TNI Polri, Pramuka serta sejumlah relawan dengan menanam mangrove dan cemara laut.
Ketua Umum PP Kagama, Ganjar Pranowo sekaligus Gubernur Jawa Tengah menjelaskan, penanaman mangrove dan cemara laut itu sebagai salah satu upaya reboisasi di kawasan pesisir pantai utara Jawa yang diinisiasi oleh Kagama Jawa Tengah.
“Aksi reboisasi itu menanam 25 ribu mangrove dan seribu cemara laut di sepanjang kawasan Pantai Kartika Jaya,” ujarnya.
Selain Ganjar, hadir juga Ketua Kagama Jateng Suryo Banendro, Bupati Kendal Mirna Annisa, Ketua Kwarcab Pramuka Kendal yang juga Ketua DPRD Kendal Prapto Utono.
Ganjar mengatakan, di sejumlah tempat di Jawa Tengah, industri batik juga telah menggunakan mangrove sebagai pewarna alami.  “Selain memperbaiki habitat di pantai, tanaman mangrove juga memiliki banyak manfaat, karena mangrove bisa untuk pewarna alami batik dan aneka olahan makanan,” katanya.
Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa berharap dengan perbaikan hutan mangrove di kawasan Pantai Kartika Jaya tersebut, selain menjadi gerakan cinta lingkungan juga bakal menjadi daya tarik wisata. “Kawasan mangrove ini bisa menjadi daya tarik wisata, sehingga penanaman mangrove ini harus dijaga dan dipelihara,” katanya.