BPS Kendal Kerahkan 468 Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Wilayah Kerja Statistik

BPS Kendal Kerahkan 468 petugas pemetaan dan Pemutakhiran Wilayah Kerja Statistik

0
1683
Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal tengah mempersiapkan Sensus Penduduk 2020. Persiapan yang sudah dilakukan yaitu merekrut petugas pemetaan dan pemutakhiran wilayah kerja statistik sebanyak 468 orang pada Februari lalu.

Kepala Tata Usaha BPS Kendal, Adelina Juslinar mengatakan, sebelum melakukan kegiatan, pihaknya sudah mengadakan pelatihan bagi petugas pada Maret lalu. Saat ini para petugas sudah mulai melakukan tugas pemetaan. “Petugas pemetaan ini memiliki persyaratan, di antaranya harus memiliki HP dengan spek khusus,” katanya.
Dikatakan, pemetaan dilakukan untuk menentukan batas-batas wilayah kerja masing-masing petugas. Hasil dari pemetaan ini dalam bentuk peta digital, yang akan dijadikan pedoman bagi petugas sensus saat melakukan sensus di lapangan. “Sekarang kan era digital, maka peta statistiknya tidak lagi berupa peta kertas, tapi sudah dalam bentuk peta digital,” jelasnya.
Listiu Hartono, Kasi IPDS menambahkan, BPS tidak hanya melakukan sensus penduduk tiap sepuluh tahun, tapi tiap tahun pun ada kegiatan sensus. Sensus yang dilakukan tiap tahun itu tidak menyeluruh, namun hanya sampel. “Kegiatan sensus yang tiap tahun di antaranya survei angkatan kerja nasional, survei sosial ekonomi nasional dan ada yang tiap lima tahunan yakni survei penduduk antar sensus,” jelasnya.