Disdikbud Kendal Gelar Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Kabupaten

17 tim kecamatan ikut Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat Kabupaten tahun 2019.

0
643
Sebanyak 17 tim mewakili kecamatan mengikuti Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat Kabupaten tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung mulai Senin sampai Sabtu

tanggal 24 sampai 28  Juni mendatang di Stadion Utama Kendal mulai. Tiap hari dimainkan tiga pertandingan, mulai pagi sampai  siang. Tiga perwakilan kecamatan yang tidak mengirimkan tim/ yaitu Kecamatan Plantungan, Pageruyung dan Kecamatan Kangkung.
“Harusnya 20 kecamatan, tapi dua tim yaitu Kecamatan Pageruyung dan Plantungan tidak mndaftar, sedangkan Kecamatan Kangkung sudah medaftar, tapi tidak hadir saat pertandingan,” kata Koordinator GSI Kabupaten Kendal, Bayu Yuli Arimantoko.
Bayu mengatakan, GSI tahun 2018 lalu diikuti 14 tim mewakili sekolah, sedangkan tahun kedua ini mewakili kecamatan. Sebelumnya masing-masing kecamatan telah melakukan seleksi pemain sejak Januari lalu. Pemain harus terdaftar di Dapodik dengan usia maksimal 14 tahun atau kelas 8. “Sistemnya benar-benar ketat, karena pemain harus terdaftar di Dapodik, sehingga tidak bisa mengambil pemain dari luar dan tidak bisa memalsu umur maupun kelas,” jelasnya.
Bayu mengatakan, pertandingan menggunakan sistem gugur. Kejuaran ini untuk mempersiapkan pemain pada GSI SMP tingkat provinsi bulan Juli mendatang. “Formasi pemain yang masuk tim nanti diambil 50 persen dari tim juara pertama dan 50 persen pemain pilihan,” ujarnya.
Kabid Pengembangan SMP Disdikbud Kendal, Parno mengatakan, SGI merupakan program nasional dari Kemendikbud yang mulai tahun 2018 lalu menjadi agenda rutin tiap tahun. Tujuannya untuk mencari bibit-bibit pemain sepakbola berprestasi dari kalangan pelajar. “Para pemain dari juara nasional akan mendapat kesempatan beasiswa belajar sepakbola di Juventus,” katanya.
.