Belajar dari Youtube, Petani Desa Putatgede Coba Inovasi Bidang Pertanian

Potensi Desa Putatgede Kec. Ngampel

0
648

Remaja Desa Putatgede Kecamatan Ngampel ternyata kreatif dan tekun berbisnis. Seperti yang dikatakan Mustaghfirin, Kaur Umum dan Perencanaan Desa Putatgede, bahwa beberapa UMKM dikelola oleh remaja, di antaranya koperasi simpan punjam, usaha ternak kambing dan sapi.

“UMKM di sini dikelola oleh remaja,” katanya.
Kreativitas para remaja lainnya adalah melakukan inovasi bidang pertanian, yakni inovasi sistem irigasi dan inovasi tanam padi. Menurut Mustaghfiri, inovasi yang dilakukan adalah hasil belajar dari youtube. “Inovasi bidang pertanian itu setelah melihat di youtube, kemudian mencoba meniru,” ujarnya.
Mayoritas warga Desa Putatgede bekerja sebagai petani. Selain tanaman padi, juga menanam bawang merah, kacang hijau dan tembakau. Oleh karena itu BUMDes yang baru dibentuk pada akhir Desember 2018 lalu rencananya akan membuka usaha persewaan alat pertanian dan persewaan alat bangunan. “BUMDes juga akan membuka usaha simpan pinjam,” katanya.
Bukan hanya para remaja yang aktif, tapi ibu-ibu PKK juga aktif melakukan kegiatan. Selain pertemuan rutin tuap bulan, juga mengadakan pelatihan keterampilan. Beberapa pelatihan yang pernah dilakukan di antaranya pelatihan membuat bakso, baki lamaran dan lainnya. Anggota PKK juga melakukan budidaya tanaman obat keluarga (toga). “Budidaya tanamannya ada di dekat balai desa dan polindes dengan menanam jahe, kunyot dan sebagainya,” ujarnya.