Pandai Besi jadi Andalan UMKM Desa Cepiring

Potensi Desa Cepring Kec Cepiring

0
435

Desa Cepiring Kecamatan Cepiring termasuk desa yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan pemukiman. Kawasan lahan pertanian yang sempit tidak bisa dijadikan potensi yang diandalkan. Oleh karena itu potensi sumber daya manusia (SDM) justru yang harus ditingkatkan kualitasinya supaya menjadi potensi yang diandalkan.

Sekretaris Desa Cepiring, Helmy Aulya Rahman mengatakan, bahwa potensi SDM merupakan potensi yang mendapatkan prioritas utama supaya bisa diandalkan. Salah satunya keberadaan pasar yang diupayakan bisa memberikan manfaat bagi warga Cepiring. Maka, banyak warga Cepriing yang menekuni bidang UMKM, seperti industri rumahan yang membuat makanan ringan. “UMKM andalan di sini adalah pandai besi di Dusun Tegal yang membuat perkakas, seperti pisau, arit, cangkul dan lainnya,” katanya.
Pihak desa Cepiring juga memanfaatkan keberadaan Pabrik Gula yaitu dengan melakukan kerjasama dalam hal perekrutan karyawan agar memberikan prioritas utama bagi warga Cepiring. “BUMDes Cepiring juga kerja sama dengan Pabrik Gula berupa penyertaan modal,” ujarnya.
Sekdes Helmy mengatakan, bahwa inovasi desa yang terus dilakukan adalah meningkatkan SDM, yaitu dengan mengadakan berbagai pelatihan keterampilan. Selain itu membuat terobosoan bidang usaha lain yang bisa menambah PAD. “Warga Cepiring ini ada yang berhasil menemukan bahan semacam bio gas yang sudah dipatenkan, yang sudah digunakan untuk reaktor kapal selam. Bio gas itu juga bisa untuk pembangkit tenaga listrik, maka ke depan akan diterapkan di Cepiring,” katanya.