Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Modul II Praktik Baik dalam Pembelajaran di SD/MI

Tanoto Foundation gelar pelatihan modul II Praktik Baik dalam Pembelajaran di SD/MI

0
617
Tanoto Foundation mengadakan pelatihan modul II Praktik Baik dalam Pembelajaran di SD dan MI yang diikuti sekolah mitra dari Gugus Kecamatan Patean dan Brangsong. Dari Gugus Patean ada 8 sekolah dan dari Gugus Brangsong juga 8 sekolah. Pelatihan di Gugus Brangsong diadakan di MTs Negeri Brangsong pada Kamis sampai Sabtu (17-19/10/2019. Diikuti 90 peserta, terdiri dari para guru beserta kepala sekolah dan dua pengawas sekolah.

Koordinator Provinsi Jawa Tengah Tanoto Foundation, Dr. Nurkolis mengatakan, kegiatan ini merupakan tahun kedua, melanjutkan modul I yang sudah berjalan selama satu tahun. Materi utama pada pelatihan ini adalah latihan membuat Buku Besar untuk kelas awal, yaitu materi bahan mengajar untuk siswa kelas satu sampai kelas 3 atau mulai dari siswa yang belum mengenal huruf dan angka sampai memahami bacaan.
Nurmalia Eka Pratiwi, Fasilitator Daerah Kelas Awal menjelaskan, untuk materi pelatihan kelas awal ini tentang literasi, mulai dari pengertian tentang literasi, sampai bahasan tentang membaca bersama dan membaca terbimbing. Sebelum masuk ke materi tentang literasi, terlebih dulu dilakukan evaluasi atau pengkajian ulang penerapan modul satu. “Kami, selaku fasilitator terus melakukan pendampingan kepada sekolah-sekolah mitra, untuk melihat perkembangan sekolah dalam melaksanakan program pintar ini,” jelasnya.
Terkait dengan kegiatan ini, Kasi Pendidikan Madrasah dari Kemenag Kendal, Muslikhan mengatakan, bahwa program Tanoto Foundation ini banyak memberikan pengaruh pendidikan di Kabupaten Kendal, di antaranya perubahan dari segi manajerial di sekolah. Program Tanoto Foundation ini mengembangkan inovasi pembelajaran yang baik dengan memberikan motivasi kepada anak didik. Secara tidak langsung, Tanoto Foundation telah mengangkat derajat pendidikan di Indonesia.
“Program Tanoto Foundation ini telah memberikan perubahan di sekolah, yaitu semua pihak diajak terlibat untuk memajukan pendidikan, seperti komite dan orang tua wali murid,” ujarnya.
Pada waktu yang bersamaan, Tanoto Foundation juga mengadakan pelatihan Manajemen Pembelajaran Aktif dengan peserta kepala sekolah, komite sekolah dan pengawas sekolah. Pelatihan ini juga diikuti Gugus Patean dan Gugus Brangsong. Untuk Gugus Patean ada 7 SD dan 1 MI, sedangkan Gugus Brangsong ada 6 SMP dan 2 MTs. Selain itu juga diikuti 4 SMP/MTs. Sekolah yang menjadi mitra Tanoto Foundation di Kabupaten Kendal ada 24 sekolah. Namun sudah banyak sekolah yang mengikuti secara mandiri, jumhalnya sekitar 88 sekolah.