Pemkab Kendal Gelar Pengajian Peringati Hari Santri Nasional di Alun-alun Kendal

Pemkab Kendal gelar peringatan Hari Santri Nasional di Alun-alun Kendal

0
267
Santri harus berperan aktif mengisi kemerdekaan. Oleh karena itu, santri harus menuntut ilmu dengan bersungguh-sungguh. Hal ini disampaikan Habib Firdaus Al Munawar pada peringatan Hari Santri Nasional (NSN) di Alun-alun Kendal, Selasa (22/10/2019) malam.

“Paling tidak, santri harus siap terjun di masyarakat, karena kiprah santri sangat ditunggu masyarakat,” ucapnya.

Habib Firdaus mengatakan, seorang santri harus siap mengganti peran ulama dan siap menjadi pemimpin umat. Pasalnya, pada hakekatnya, santri itu adalah orang yang cinta dan kaat kepada kyai. “Santri harus menjauhi perbuatan maksiat, termasuk dalam berpakaian harus menutup aurat,” katanya.
Menurut Habib Firdaus, santri zaman sekarang tidak kalah dengan kaum milenial. Tidak seperti dulu, kaum santri dianggap kaum yang terpinggirkan dan sebagai kaum sarungan. Santri bisa menjadi pemimpin di segala bidang, mulai dari pemimpin keluarga, pemipin di lingkungan RT sampai menjadi pemimpin negara seperti presiden. “Jika dipimpin oleh santri, maka akan berjalan dengan baik, karena selalu berpedoman pada aturan agama,” ujarnya.
Habib Firdaus berharap, setiap rumah bisa menjadi pesantren, yang di dalamnya ada masjid atau tempat solat dan kyai atau guru yang  diperankan oleh orang tua, sedangkan anak-anak dan penghuni lainnya sebagai santrinya. “Jika tiap rumah bisa menjadi pesantren, maka kehidupannya akan membawa berkah,” katanya.
Peringatan HSN dihadiri para santri dari berbagai pondok pesantren bersama Bupati Kendal Mirna Annisa, Ketua DPRD Kendal, Kapolres Kendal, Sekda Kendal dan para pejabat Pemkab Kendal. Selain tausiyah, peringatan HSN diisi dengan tahlil, pembacaan maulid Nabi Muhammad Nabi Saw dan dimeriahkan penampilan band Tenterem asuhan Gus Basyar.
Hari Santri Nasional yang diperingati tiap tanggal 22 Oktober sama dengan hari ulang tahun Bupati Mirna Annisa. Pada kesempatan itu pun Habib Firdaus mendoakan Bupati Mirna agar selalu diberi kesehatan dan dapat menjalankan amanahnya dengan baik.