BPBD Kendal mulai Antisipasi Bencana di Musim Hujan

Rakor Penanggulangan Bencana Antisipasi Musim Hujan

0
325
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal akan mendirikan posko bencana di tiap-tiap kecamatan. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kendal Sigit Sulistyo saat Rakor Penanggulangan Bencana Antisipasi Musim Hujan, Banjir dan Longsor di Kabupaten Kendal yang digelar di Gedung Abdi Praja, Selasa 19 November 2019.

“Untuk pembentukan posko siaga bencana, nanti menunggu instruksi dari Provinsi Jateng,” ujarnya.
Rakor dihadiri OPD terkait, TNI, Polri, PSDA Provinsi dan relawan penanggulangan bencana.  Menghadirkan narasumber dari BPBD Provinsi Jateng dan BMKG Provinsi Jateng.
Sigit mengatakan, pada musim hujan yang harus diantisipasi adalah rawan longsor, banjir dan angin ribut. Untuk rawan longsor berada di wilayah Kendal, seperti eks kawedanan Selokaton dan eks kawedanan Boja. Sedangkan daerah rawan banjir berada wilayah Kendal bawah.  “Masih sama dengan tahun lalu, untuk daerah rawan longsor itu di wilayah atas, seperti Boja, Limbangan, Singorojo, kemudian Sukorejo, Patean, Pantungan dan Pageruyung,” jelasnya.
Dikatakan, berdasarkan informasi dari BMKG Provinsi Jateng, bahwa curah hujan tinggi diperkirakan mulai akhir November mendatang dan puncaknya pada Februari 2020. Namun demikian antisipasi bencana sudah dilakukan mulai dari sekarang. Pasalnya hujan yang terjadi beberapa hari lalu ternyata cukup deras yang disertai dengan angin kencang dan menyebabkan beberapa pohon besar di tepi jalan tumbang. “Hujan yang terjadi belum lama itu ada beberapa pohon besar di tepi jalan raya yang tumbang dan mengakibatkan macet serta listrik PLN padam sampai pagi,” katanya.