DPRD Kendal akan Ajukan Raperda tentang Kesetaraan Gender

DPRD Kendal giat Public Hearing terkait pembentukan Raperda Kabupaten Kendal tentang Pengarusutamaan Gender

0
195
Kaum perempuan harus didorong untuk berperan mengisi pembangunan dalam segala bidang. Namun keterlibatan kaum perempuan sering terganjal karena masih adanya dominasi dari kaum laki-laki. Hal ini dikatakan anggota Komisi D DPRD Kendal, Sulistyo Aribowo saat acara Public Hearing terkait pembentukan Raperda Kabupaten Kendal tentang Pengarusutamaan Gender yang digelar pada Selasa 3 Desember 2019.

“Perda ini disusun dalam rangka percepatan pengarusutamaan gender dalam pembangunan di Kab Kendal, maka diperlukan tindakan nyata dari Pemkab Kendal dalam perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi terhadap kebijakan program dan kegiatan pembangunan yang responsif gender,” jelasnya.
Sulistyo Aribowo mengatakan, adanya Perda ini tujuannya mengoptimalkan pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kabupaten Kendal. Selain itu juga untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional dan Permendagri Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah yang telah diubah dengan Permendagri Nomor 67 Tahun 2011, maka perlu diatur Perda tentang Pengarusutamaan Gender. “Disusunnya Perdaini tidak semata adanya Instruksi Presiden, tapi dibuat ini agar peran pertempuan di Kendal semakin optimal,”katanya.
Sementara itu menurut anggota Komisi D lainnya, Widya Kandi Susanti, bahwa adanya perbedaan gender selama ini akibat pola asuh orang tua yang sudah menjadi tradisi sejak dulu. Orang tua yang membedakan tugas antara anak perempuan dan laki-laki. Misalnya anak perempuan tugasnya mengurus dapur dan mencuci, sedangkan anak laki-laki mendapat tugas untuk pekerjaan yang kasar, seperti membersihkan selokan, mencuci sepeda dan lainnya. “Karena pola asuh yang membedakan pekerjaan laki-laki dan perempuan inilah yang mengakibatkan kaum perempuah tidak berani tampil atau menunjukkan kemampuannya,” katanya.