Calon Perseorangan Bakal Calon Bupati Kendal Tahun 2020 Minimal harus Dapat Dukungan 58.398 Orang

KPU Kendal sosialisasi Pencalonan Perseorangan untuk Pilbup Kendal 2020 KPU Kendal sosialisasi Pencalonan Perseorangan untuk Pilbup Kendal 2020

0
829

Bagi perseorangan yang ingin menjadi bakal calon Bupati Kendal tahun 2020 minimal harus mendapat dukungan sebanyak 58.398 orang. Hal ini berdasarkan peraturan  KPU terkait syarat pencalonan perseorangan yang harus mendapat dukungan minimal 7,5 persen dari jumlah DPT tahun 2019 di Kabupaten Kendal yang jumlahnya di bawah 1 juta jiwa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal melakukan Sosialisasi Pencalonan Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kendal di Aula KPU Kendal, Kamis (05/12/2019). Sosialisasi dihadiri anggota partai politik, LSM, ormas, tokoh masyarakat dan media. Menghilangkan narasumber anggota KPU Provinsi Jawa Tengah, Mirnawati.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, dukungan kepada calon perseorangan harus tersebar minimal di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kabupaten Kendal. Karena di Kabupaten Kendal ada 20 kecamatan, maka dukungan tersebut minimal harus tersebar di 11 kecamatan. “Dukungan tersebut harus dibuktikan dengan pengisian formulir dukungan yang dilampiri foto copy KTP elektronik,” katanya.

Sementara itu Divisi Teknik Penyelenggaran KPU Provinsi Jawa Tengah, Putnawati menjelaskan, bahwa pada Pilkada tahun 2020 untuk formulir dukungan berbrda dengan Pilkada sebelumnya. Jika pada Pilkada sebelumnya untuk formulir dukungan dibuat secara komulatif, namun pada Pilkada kali ini untuk satu lembar formulir hanya diisi untuk satu orang pendukung. “Dulu satu lembar bisa untuk lebih dari satu orang pendukung, namun Pilkada kali ini untuk satu orang pendukung dibuat per lembar,” ujarnya.
Dijelaskan, pada Pilkada tahun 2020 bagi bakal calon perseorangan harus mengiinput data pendukung pada aplikasi Sistem Pencalonan (Silon). Data Silon harus disertakan ketika menyerahkan berkas dukungan yang dibuka tanggal 19 – 23 Februari 2020. “,Jadi, mulai sekarang harus mulai mengisi data dukungan di aplikasi Silon,” katanya.
Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 23 September 2020. Pilkada serentak tahun 2020 akan digelar di 270 daerah kabupaten/kota dari 9 provinsi. Di Jateng ada 21 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada serentak tahun 2020.