Tidak Terkena Dampak Angin Puting Beliung, Area Wisata Pasar Karetan di Desa Meteseh Boja tetap Ramai Pengunjung

Area wisata Pasar Karetan di Desa Meteseh Boja tidak terkena dampak angin puting beliung

0
471
Kejadian angin puting beliung yang menimpa puluhan rumah dan bangunan di Desa Meteseh dan Desa Trisobo Kecamatan Boja pada Sabtu (07/12/2019) menimpa juga kawasan objek wisata Pasar Karetan. Namun untuk Pasar Karetan hanya menimpa dua bangunan, yaitu rumah joglo yang berada paling ujung dan agak jauh dari area tempat jualan, sehingga tidak mengganggu aktivitas wisata yang hanya buka tiap hari Minggu.

Pantauan di lokasi, pada Minggu (08/12/2019) wisata Pasar karetan tetap ramai dikunjungi. Bangunan yang berada di area wisata, seperti warung-warung, tempat bermain dan panggung hiburan sama sekali tidak terkena dampak angin puting beliung. Dua bangunan berupa rumah joglo dekat villa yang rusak tertimpa pohon akibat angin puting beliung lokasinya terpisah dengan area wisata, sehingga tidak mengganggu aktivitas wisata.
Seperti kita ketahui, puluhan rumah dan bangunan rusak terkena angin puting beliung pada Sabtu (07/12/2019) sekitar pukul 13.30 wib di Desa Trisobo dan  Desa Meteseh Kecamatan Boja.  Kejadian tersebut mengakibatkan banyak rumah tertimpa pohon tumbang dan atap lepas diterpa angin. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil mencapai ratusan juta rupiah.
Adapun  daftar  rumah dan bangunan yang rusak akibat kejadian itu untuk Dusun Segrumung ada 10 bangunan. Selain rumah, juga 3 kandang ayam, Gereja GBI Segrumung dan obyek wisata Pasar Karetan. Sedangkan di Dusun Sasak ada 13 rumah, Dusun Krajan ada 13 rumah dan Dusun Rejosari ada 4 rumah.
Kepala BPBD Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, pihaknya bersama anggota Koramil dan Polsek Boja membersihkan pohon-pohon yang roboh. Selain itu juga membantu warga untuk membereskan atap-atap rumah yang rusak. “Kami langsung ke lokasi untuk membantu warga,” katanya.
Anggota PMI Kendal bersama relawan juga datang ke lokasi kejadian untuk membantu warga. Pihak BPBD juga sudah menyalurkan bantuan sembako untuk warga rumahnya rusak terkena angin puting beliung.