Guru Wiyata Bakti di Lingkungan Disdikbud Kendal Terima Bantuan Kesejahteraan Rp. 900 Ribu Per Bulan

Silaturahmi Paguyuban Guru Wiyata Bakti dengan Bupati Kendal

0
351
Guru Wiyata Bakti di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal mulai tahun 2019 mendapatkan bantuan peningkatan kesejahteraan sebesar Rp. 900 ribu per bulan. Tidak hanya guru, tetapi tenaga kependidikan lainnya, seperti bagian administrasi, tenaga kebersihan dnan penjaga malam juga mendapatkan bantuan kesejahteraan. Anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Kendal melalui Dana Pendamping BOS.

Kepala Disdikibud Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi mengatakan, pada tahun 2019 ini, tenaga kependidikan yang menerima bantuan kesejahteraan sebanyak 1.411 orang. Pada tahun 2020 jumlahnya meningkat menjadi 1.886 orang. “Mereka yang belum tercover di tahun 2019 ini belum terdaftar, karena termasuk tenaga kependidikan yang baru, tapi di tahun 2020 semua sudah tercover,” jelasnya, saat acara Silaturahmi Paguyuban Tenaga Kependidikan Wiyata Bakti dengan Bupati Kendal di Pendopo Kabupaten Kendal, Kamis (26/12/2019).
Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, untuk tahun 2021 nanti, bantuan peningkatkan kesejahteraan ini bisa setara dengan UMK. Saat ini belum bisa memberikan yangsesuai setara UMK, karena anggarannya masih difokuskan untuk pembangunan infrastruktur jalan. “Tahun 2020 semua infrastruktur jalan kabupaten sudah diperbaiki semua, sehingga akan fokus ke pendidikan, termasuk untuk kesejahteraan tenaga kependidikan,” katanya.
Sementara itu Ketua Paguyuban Tenaga Kependidikan Kab Kendal, Muhammad Ali Masfuad mengatakan, sebelum ada Dana Pendamping BOS, bantuan kesejahteraan diberikan melalui kegiatan. Tiap kegiatan mendapat uang transport sebesar Rp. 200.000 dipotong pajak atau sebesar Rp. 188.000,-. Jumlah kegiatan tiap bulannya berbeda-beda, bisa empat kali kegiatan atau kurang. “Kami merasa berterima kasih kepada Dinas Pendidikan, dewan dan Bupati Kendal, karena dengan adanya Dana Pendamping BOS ini, kami merasa lebih diperhatikan lagi,” katanya.