Tujuh Rumah di Tepi Sungai Bulanan Desa Nawangsari Weleri Terancam Kena Longsor

Rumah-rumah di tepi sungai Bulanan Desa Nawangsari Weleri Terancam Kena Longsor

0
372
Sebanyak 7 rumah di RT 9 RW 2 Desa Nawangsari Kecamatan Weleri yang berada di tepi Sungai Bulanan terancam longsor. Dua dari tujuh rumah tersebut sudah dikosongkan oleh pemiliknya karena bagian teras rumahnya sudah terkikis longsor.
Menurut Suwarno, salah seorang pemilik rumah, longsor sudah terjadi cukup lama dan sudah dilakukan pencegahan menggunakan kantong-kantong yang diberi pasir. Namun setiap kali musim hujan, longsor semakin bertambah, karena terkikis air sungai. “Kalau air sungai melimpah, maka sedikit demi sedikit mengikis tanah, sehingga longsornya makin tambah,” katanya.
Suwarno mengaku, jika musim hujan selalu merasa khawatir, terutama ketika malam hari. Pasalnya, jika debet air sungainya besar, maka bisa mengikis tanah dan menyebabkan longsor. “Yang sekarang lonsor itu dulunya jalan untuk lewat, tapi hilang karena longsor,” ujarnya.
Kepala Desa Nawangsari, Ali Ridho mengatakan, upaya untuk mencegah agar longsor tidak bertambah sudah dilakukan dengan mengerahkan warga untuk bekerja  bakti, namun tidak mampu mengatasi longsor yang terus terjadi. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada dinas terkait untuk membuatkan bronjong agar longsong bisa diatasi. “Kalau warga sendiri dengan memberi kantong-kantong berisi pasir tentu tidak mampu mengatasi. Jadi kalau bisa dibronjong,” pungkasnya.