Sekitar 4.000 Peserta Ramaikan Parade Kebangsaan Hari Amal Bakti Kemenag Kendal

Kemenag kendal gelar Parade Kebangsan hari Amal Bakti 2020

0
412
Sekitar 4.000 peserta mengikuti Pawai Parade Kebangsaan pada Rabu pagi 15 Januari 2020. Start dan finish di Alun-alun Kendal dengan rute melewati Jalan Habiproyo – Jalan Pemuda menuju pertigaan Kodim dan kembali ke Alun-alun Kendal lewat Jalan Soekarno Hatta. Peserta terdiri dari lembaga dan sekolah di lingkungan Kementerian Agama Kendal, mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, KUA, Ikatan Guru Agama dan FKUB.

Pawai dibuka oleh Bupati Kendal Mirna Annisa yang ditandai dengan pelepasan rangkaian balon udara. Hadir pula Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun dan anggota Forkopimda serta para pejabat Pemkab Kendal. Selanjutnya peserta yang terbagi dalam beberapa kafilah dengan mengenakan pakaian dari berbagai adat di Indonesia melakukan pawai keliling kota Kendal.
Kepala Kemenag Kendal, H. Saerozi mengatakan, Parade Kebangsaan ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Amal Bakti Kemenag ke-74 tahun 2020. Tujuannya untuk kebersamaan antar umat beragama, sehingga tidak terjadi kesenjangan antar sesama. “Sesuai dengan tema yaitu Indonesia Satu dalam Kebhinekaan diharapkan dengan kegiatan ini akan tercipta kehidupan yang harmonis di seluruh Indonesia, khususnya di kabupaten Kendal,” harapnya.
Bupati Kendal Mirna Annisa mengapreasiasi kegiatan memperingati Hari Amal Bakti yang digelar oleh Kemenag kendal. Ia berharap dengan kegiatan ini bisa mempererat hubungan persaudaraan, sehingga tercipta kerukunan yang pada akhirnya bisa mempercepat pertumbuhan dan kemajuan, terutama dalam sektor lintas agama. “Saya lihat masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan yang meriah ini, semoga akan semakin mempererat hubungan persaudaraan di kabupaten Kendal,” ucapnya.

Solikhin, Koordinator Kafilah MAN Kendal mengatakan, pihak MAN Kendal mengerahkan sekitar 1.200 siswa dan 120 guru yang dibagi menjadi 36 kafilah. Persiapannya sekitar satu minggu untuk menampilkan berbagai pakaian adat  di Indonesia. “Selain para siswa, juga para guru ikut serta pada Parade Kebangsaan ini,” katanya.