Pendaftaran Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Telah Dibuka, Kantor KPU Masih Sepi Peserta

0
415

Pendaftaran Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal tahun 2020 telah dibuka sejak tanggal 18 Januari lalu dan akan berlangsung hingga Jumat, 24 Januari 2020. Akan tetapi hingga kemarin, jumlah pendaftar tidak lebih dari 15 orang. Menurut Catur, komisioner KPU yang membidangi divisi Sumber Daya Manusia dan sosialisasi masyarakat, hal tersebut terjadi karena faktor akhir pekan yang menyebabkan calon pendaftar belum bisa mengurus beberapa persyaratan administratif seperti surat keterangan sehat.

“Jumlah pendaftar hari pertama baru ada 11 orang, hari kedua ada 4 orang. Untuk hari ini belum kami rekap jumlahnya berapa, tapi lumayan banyak yang daftar. Perkiraan kami karena hari Sabtu dan Minggu, teman-teman masih mengurus surat keterangan sehat dari puskesmas. Itu yang mungkin agak memperlambat, karena terkait dengan administrasi yang dibutuhkan pada waktu pendaftaran,” kata Catur saat ditemui di kantornya pada Senin (20/01/2020).

Dikatakan bahwa hal ini tidak hanya terjadi di Kendal saja. Kabupaten lainpun mengalami persoalan yang sama. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal memperkirakan bahwa peserta pendaftaran PPK akan mengelompok di dua atau tiga hari terakhir seperti tahun-tahun sebelumnya.
Sampai saat ini pihak KPU masih optimis bahwa pendaftaran akan memenuhi kuota minimal, yaitu 200 orang yang berasal dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal. Jika kuota minimal itu tidak terpenuhi, KPU akan mengadakan perpanjangan pendaftaran selama dua hari.

“Harapan kami, dengan sisa waktu yang ada, teman-teman warga Kendal yang mempunyai antusiasme tinggi untuk menjadi penyelenggara, silakan datang langsung ke kantor KPU pada hari kerja sampai tanggal 24 besok. Kami terima, kami layani mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00. Pasti akan ada petugas yang standby melayani teman-teman,” ungkapnya.

Ananda/ UNS