Pengcab IPSI Kendal Pertanyakan Disporapar Kendal Terkait Penyelenggaraan Kejuaraan Cabor Pencak Silat yang tak Libatkan IPSI

Pengcab IPSI Kendal Pertanyakan Disporapar Kendal Terkait Penyelenggaraan Kejuaraan Cabor Pencak Silat yang tak Libatkan IPSI

0
226

Pengcab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kendal mempertanyakan kepada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal terkait penyelenggaraan Popda Kendal 2020 untuk cabang olahraga pencak silat. Pasalnya, IPSI Kendal tidak pernah diajak berembug dalam penyelenggaraan tersebut.

Ketua IPSI Kendal, Arfani mengatakan, sesuai aturan Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2020 mewajibkan untuk Disporapar tingkat daerah untuk berkoordinasi dalam pelaksanaan asosiasi pengurus cabor di masing-masing daerah.
Selain itu, sesuai hasil Musyawarah Nasional (Munas) IPSI XII tahun 2017 perihal Peraturan Penyelenggaraan Pertandingan Pencak Silat juga mensyaratkan bahwa kepanitian dibentuk oleh IPSI. “Dalam Pasal 4 disebutkan jika kepanitiaan merupakan delegasi mutlak dari IPSI tidak dari lembaga lain atau perorangan,” katanya, kemarin (23/1/2020).

Pihaknya sebenarnya sudah menyampaikan hal tersebut kepada Disporapar Kendal. Tapi sejauh ini belum ada tindak lanjut ataupun tanggapan. Oleh karena itu, pihaknya menemui pihak Disporapar Kendal untuk melakukan  audiensi dengan Disporapar, dengan harapan mereka memahami aturan yang ada. Sebab, secara aturan perlombaan maupun mekanisme jalannya pertandingan, termasuk juri pertandingan harus  melibatkan IPSI yang mengetahui aturan perlombaan. “Kami mengantisipasi, jangan sampai ada masalah dalam pelaksanaan lomba yang mengakibatkan dampak buruk bagi Disporapar,” tandasnya.

Menurutnya, selama ini Disporapar dalam pelaksanaan POPDA hanya menunjuk panitia sendiri, tanpa melalui IPSI sebagai penanggung jawab. Padahal, di Kendal sendiri IPSI telah menaungi 15 padepokan pencak silat. “Makanya kami sangat menyesalkan hal ini,” tandasnya.Menanggapi hal tersebut, Kepala Disporapar Kendal, Agung Setiawan mengatakan, selama ini dalam pelaksanaan kegiatan,  teknisnya diserahkan pada masing-masing bidang. Dalam hal ini Bidang Olahraga.

“Yang jelas rencana pelaksanaan Popda semua Pengurus Cabang (Pengcab). Begitupun Personel dari atletik, bola voli, sepak bola, pencak silat, renang, taekwondo, karate dan sebagainya. Semua melibatkan pelatih, juri, panitia pelaksana dari pengcab-pengcab,” jelasnya.