Sensus Penduduk 2020 Dilakukan Mandiri secara Online mulai 15 Februari – 31 Maret

Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Tingkat Kabupaten Kendal

0
446
Pemerintah di tahun 2020 mengadakan Sensus Penduduk. Pelaksanaan Sensus Penduduk kali ini dilakukan secara online dan wawancara. Sensus Penduduk secara online dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, sedangkan Sensus Penduduk  secara wawancana mulai tanggal 1-31 juli 2020.
Kepala BPS Kendal Umi Hastuti meminta dukungan semua pihak supaya Sensus Penduduk di Kabupaten kendal dapat berjalan dengan lancar dan sukses, yaitu semua penduduk yang ada di kabupaten kendal tercatat. Sensus Penduduk 2020 ini merupakan sensus penduduk yang ke enam kalinya. Pertama kalinya dilakukan sensus penduduk tahun 1971 sampai 2010. Dengan sensus penduduk, dilihat perkembanganya penduduk Indonesia semakin meningkat.
“Pelaksanaan sensus penduduk 2020, yakni menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia. Kemudian menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk. Hal ini bisa diolah dari indikator-indikator pertanyaan yang ada pada sensus penduduk 2020,” katanya saat  Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Tingkat Kabupaten Kendal, Kamis (13/2/2020) di Ruang Abdi Praja Pemkab Kendal.

 

Rakor dibuka oleh Wakil Bupati Masrur Masykur. Rakor sebagai bentuk sinergisitas dan koordinasi antara BPS Kendal dengan dinas/instansi terkait untuk persiapan pelaksanaan seksus penduduk 2020.  Sebagai narasumbernya Kepala BPS Kendal dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal.

Masrur mengungkapkan, kegiatan sensus penduduk ini sangat penting, sehingga peran serta semua pihak merupakan kunci kesuksesan sensus penduduk. Hasil sensus penduduk nantinya akan dijadikan dasar rumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan mengetahui jumlah penduduk di suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, dan tingkat pendidikan sehingga nantinya bisa memperoleh gambaran kebutuhan suatu wilayah. “Pelaksanaan sensus ini sangat membutuhkan keterlibatan semua pihak terutama pemerintah wilayah administrasi terekecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ungkapnya.
Menurut Masrur, salah satu kunci sukses penyelenggaraan sensus penduduk adalah koordinasi intensif dengan setiap organisasi perangkat daerah dan semua lembaga di Kabupaten Kendal. Maka dipandang perlu untuk dapat memberikan infofrmasi yang  jelas dan sekaligus mengajak seluruh masyarakat di lingkungan kerja masing-masing agar dapat berpartisipasi update data diri pada sensus penduduk tahun ini. Oleh karena itu Masrur meminta kepada camat agar bisa menindaklanjuti rakor sensus penduduk tingkat kabupaten dengan pertemuan di tingkat kecamatan dengan peserta kades, lurah, aparat desa, ketua rt, rw. Hal itu untuk menyambung informasi sampai ke tingkat desa. Sebarluaskan informasi pelaksanaan sensus penduduk ini. Melalui rakor ini ia berharap agar memperoleh penjelasan seacara koordinatif tentang pelaksanmaan sensus penduduk tahun ini untuk dapat diambil manfaatnya dalam memperbaiki data kependudukan di Kendal. “Karena kita semua bertanggungjawab dalam mengentaskan kemiskinan dan kebodohan. Dengan data yang valid, maka kita turut mencerdaskan bangsa dan juga dalam memujudkan Kendal yang handal dan sejahtera,” ujarnyya.