Posko Siaga di Bundaran Sukorejo Periksa semua Pemudik

Posko Siaga Covid-19 di Bundaran Sukorejo Periksa semua Pemudik

0
468

Posko Terpadu Gugus Tugas Siaga Covid-19 di Bundaran Sukorejo mulai Sabtu 11 April 2020 sudah melaksanakan pemantauan pemudik atau pendatang, terutama dari wilayah terjangkit atau Zona Merah. Petugas posko akan memeriksa setiap pemudik yang memasuki wilayah Kecamatan Sukorejo dan sekitarnya se Eks Kawedanan Selokaton.

 

Setiap harinya posko siaga diisi secara bergilir oleh 2 orang anggota Kodim 0715/Kendal, 4 anggota Polres Kendal, 2 orang anggota Dishub dan 3 orang tenaga kesehatan.  Petugas dibekali alat pengecekan suhu tubuh dan alat kesehatan lain.

 

Menurut Serda Sudarno, anggota Koramil 0715-07/Sukorejo yang bertugas hari itu mengatakan, Posko tersebut bertujuan untuk melaksanakan pemantauan lebih ketat kepada para pemudik guna menekan angka penyebaran virus Corona agar tidak tersebar hingga pelosok desa. Terutama mengantisi para pemudik yang berasal dari daerah dengan status zona merah, yang tanpa mereka sadari  membawa virus corona ke kampung halaman. “Apabila ada yang terindikasi gejala virus corona, maka akan dilakukan imbauan khusus dan pendampingan oleh petugas puskesmas setempat,” katanya.

 

Serda Sudarno menambahkan,  pada saat itu, petugas menetapkan 4 orang dalam pemantauan (ODP) yang berasal dari Jakarta dan Bekasi yang akan pulang ke kampung halamanya di Sukorejo dan Patean. Selanjutnya mereka didata dan dilaksanakan sesuai prosedur penanganan Covid 19 dengan melaksanakan isolasi mandiri dan rumah. “Mereka didata dan masuk dalam ODP akan dipantau terus oleh petugas,” ujarnya.