Permohonan Pembuatan SIM di Masa Pandemi Covid 19 Turun Drastis

Permohonan Pembuatan SIM di Masa Pandemi Covid 19 Turun Drastis

0
69

Permohonan pembuatan surat ijin mengemudi (SIM) dan perpanjangan SIM di Polres Kendal selama masa pandemi covid 19 menurun signifikan dari sebelum terjadi wabah. Penurunanya sekitar 50 persen. Geliat peningkatan pembuatan SIM terjadi saat pemberlakukan new normal. Dalam pelayanan SIM pihaknya menerapkan protokol kesehatan mulai dari pengecekan suhu tubuh dan tak pakai masker tidak boleh masuk. 

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Firdaus Yudhatama melalui Kanit Regiden Ipda Aris Krismanto, mengatakan, penurunan mulai dirasakan pada Januari, yaitu awal mula wabah virus itu muncul hingga berlanjut Mei. Penurunan drastis pembuatan SIM ini karena pemohon takut akan terpapar virus korona di tengah pandemi covid. Padahal pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan SIM. “Di saat wabah ini, hanya ada 50 pemohon SIM, sedangkan saat hari normal, bisa 100 pemohon SIM,” katanya, Senin (6/7/2020).


Aris Krismanto, mengungkapkan peningkatan pemohonan SIM kembali menggeliat saat ada pemberlakuan new normal, yaitu mulai Juni dan Juli. Peningkatan, baik pembuatan SIM baru maupun perpanjangan SIM. Bahkan peningkatannya mencapai 100 hingga 130 permohonan pembuatan SIM. 
“Pada bulan Juni pembuatan SIM mencapai 3.000 pemohon. Selain pelayanan SIM di Polres, juga melakukan pelayanan SIM keliling,” ungkapnya.