Pantai Indah Kemangi di Desa Jungsemi Kangkung Tawarkan Panorama Pantai dan Hutan Cemara

Pantai Indah Kemangi di Desa Jungsemi Kangkung Tawarkan Panorama Pantai dan Hutan Cemara

0
243

Pemerinah Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung mulai mengembangkan wisata pantai yang dinamai PIK. Tapi PIK bukan Ada tempat wisata baru di Pantura Kabupaten Kendal, yakni Pantai Indah Kemangi (PIK) yang berada di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung. Tempat wisata yang mulai dibuka hari Minggu (12/7/2020) menawarkan keindahan pantai dengan udara yang segar, karena jauh dari jalur utama Pantura. Saat pagi dan sore, pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam. 

Kepala Desa Jungsemi, Dasuki mengatakan, sesuai namanya, Pantai Indah Kemangi (PIK) diambil dari nama dusun di Desa Jungsemi, yakni Dusun Kemangi yang berada di garis pantai utara Jawa (pantura) sepanjang 2,5 kilometer.  “Sementara yang sudah dikembangkan sekitar 1,5 kilometer,” katanya, Jumat (10/7/2020).

Tempat wisata pantai ini dilengkapi gazebo tempat untuk berswafoto maupun istirahat. Konsep yang dikembangkan di Pantai Indah Kemangi ini adalah wana wisata yang ditanami pohon cemara dan ketapang di bibir pantai. Hutan cemara dan ketapang di sepanjang bibir pantai menjadi peneduh dan menghalau abrasi, sehingga bisa melindungi lahan pertanian berbatasan langusng dengan PIK ini “Kami juga sedang merintis kolam pancing, sehingga pengunjung bisa memancing sekaligus memasak hasil tangkapan ikannya,” ujarnya.

Wisata PIK tersebut mulai dikembangkan sejak tiga tahun lalu oleh pihak desa bersama Universitas PGRI Semarang. Dengan adanya wisata tersebut, maka akan memberikan pemasukan bagi warga. sebab warga bisa berjualan aneka jajanan kuliner setiap pekan. 

“Setiap akhir pekan pengunjung rata-ratai kisaran 1.500-2.000 pengunjung. Makanya akhir pekan ini akan mulai kami berlakukan tiket masuk Rp 3.000 sudah termasuk parkir dan menikmati fasilitas yang ada di Pantai Indah Kemangi,” tambahnya.

Salah satu pengunjung, Sri Eko Api Tariningtyas, warga Cepiring mengatakan, sudah lama tahu adanya wisata pantai di Desa Jungsemi.  Namun kondisinya jauh berbeda dengan dulu, sekarang diberi tempat spot-spot untuk swafoto.  “Dulu masih gersang dan sekarang tambah bagus dengan ikon PIK dan tanaman cemara serta gazebo,”  katanya.