Pembukaan MPLS di SMAN 1 Pegandon Dilakukan secara Live via Fesbuk dan IG

Pembukaan MPLS di SMAN 1 Pegandon Dilakukan secara Live via Fesbuk dan IG

0
79

SMA Negeri 1 Pegandon mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) peserta didik baru tahun ajaran 2020-2021 secara daring atau online selama tiga hari, mulai Senin sampai Rabu tanggal 14 – 16 Juli 2020. Kegiatan MPLS diawali Deng pembukaan secara live lewat Facebook dan Instagram dan diunggah ke channel YouTube SMA Negeri 1 Pegandon pada Senin (14/7/2020) pukul 7 pagi.

Setelah pembukaan MPLS, kemudian dilanjutkan sesi perkenalan siswa dengan masing-masing wali kelas. Satu per satu, siswa mengenalkan diri dengan mengirimkan foto dan data pribadi dan menceritakan kondisi tempat tinggal. 
“Pada sesi perkenalan ini untuk mengenal lebih dekat antara siswa dengan wali kelas, sekaligus untuk evaluasi kendala yang dialami masing-masing anak dalam pembelajaran secara daring, sehingga bisa diambil langkah untuk mencari solusinya,” kata Kepala SMA Negeri 1 Pegandon, Nurhadi, S.Pd. 

Nurhadi mengatakan, materi MPLS meliputi pengenalan lingkungan fisik sekolah, pengenalan terhadap tenaga pendidik dan pegawai di sekolah. Peserta didik baru juga diberikan pengenalan tentang kurikulum dan mata pelajaran yang ada di sekolah. “Peserta didik baru dikenalkan kondisi lingkungan sekolah, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan dan fasilitas lainnya,” katanya.

Dikatakan, peserta didik baru juga diberi bekal pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan, karena sangat penting bagi anak-anak supaya memiliki kepribadian dan cinta tanah air. Selain itu juga diberi pengetahuan tambahan tentang bahaya narkoba dan peraturan lalulintas. “Pendidikan karakter ini sangat penting yang harus ditanamkan kepada anak-anak supaya memiliki kepribadian yang baik,” ujarnya.

Kepala Sekolah Nurhadi menegaskan, setelah MPLS selesai, untuk pembelajaran peserta didik tetap dilakukan secara daring. Hal ini sesuai instruksi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Untuk pembelajaran tatap muka pun masih menunggu instruksi dari provinsi. “Pembelajaran secara daring mulai pukul 07.00 sampai 14.00, namun untuk pendalaman dan pengerjaan tugas bisa dilakukan di luar jam tersebut,” jelasnya. 

Pada tahun ajaran baru kali ini, SMA Negeri 1 Pegandon menerima peserta didik baru sebanyak 285 anak dari daya tampung maksimal 288, sehingga masih kurang 3 anak. Terdiri dari 8 kelas yang terbagi 4 kelas IPA dan 4 kelas IPS. Tiap kelas terdiri dari 36 anak.