Penyembelihan Hewan Kurban Sapi Simental di Pandean Kaliwungu Butuh Tenaga 10 Orang lebih

Penyembelihan Hewan Kurban Sapi Simental di Pandean Kaliwungu Butuh Tenaga 10 Orang lebih

0
86

Sapi jenis simental yang pernah meraih juara kontes sapi di Temanggung tahun 2019 menjadi hewan kurban di Kampung Pandean Desa Krajan Kulon Kaliwungu pada Jumat 31 Juli 2020. Sapi yang diberi nama Bagong merupakan hewan kurban keluarga Muhammad Nurul Hidayat dan Rohmatun beserta keluarga.

Proses penyembelihan sapi dengan berat 1 ton lebih itu membutuhkan waktu yang cukup lama dengan melibatkan 10 orang lebih untuk menjagalnya. Ratusan warga yang penasaran ikut menyaksikan proses penyembelihannya.

Muhammad Nurul Hidayat mengatakan sapi tersebut didatangkan dari Magelang sejak Rabu lalu. Katanya, untuk mendapatkan sapi tersebut harus mencari lewat YouTube sejak sebulan lalu. “Saya kan suka nonton hewan-hewan di YouTube, akhirnya mendapatkan sapi yang diberi nama Bagong ini,” katanya.

Ia mengaku terharu bisa mendapatkan sapi yang bagus, sampai-sampai tak tega melihat proses penyembelihannya. Ia memilih masuk ke dalam rumah saat proses penyembelihannya, walau penyembelihannya dilakukan di depan rumah. “Saya gak tega melihat penyembelihannya, karena terharu,” ucapnya.

Dikatakan, selain menyembelih satu ekor sapi untuk kurban atas nama keluarga, ia juga menyembelih satu ekor kambing etawa untuk almarhum bapaknya. Ia berharap dengan menyembelih hewan kurban dalam bermanfaat bagi warga sekitar di tengah pandemi Covid-19. ” Semoga bermanfaat bagi warga sekitar, insya Allah akan terus berkurban setiap tahun depan hewan kurban yang lebih besar lagi,” pungkasnya.