Bupati Kendal dan seluruh Pegawai di Lingkungan Setda Kendal Lakukan Tes Rapid dan Tes Swab, Paska Diketahuinya 2 Pegawai Positif Covid-19

Bupati Kendal dan seluruh Pegawai di Lingkungan Setda Kendal Lakukan Tes Rapid dan Tes Swab, Paska Diketahuinya 2 Pegawai Positif Covid-19

0
78

Pemkab Kendal melakukan tes rapid dan tes swab massal bagi seluruh pegawai di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kendal, Kamis (6/8/2020). Tes rapid dan tes swab dilakukan di pendopo Tumenggung Bahurekso. Sedangkan Bupati Kendal dan seluruh pegawai Bagian Protokol serta ajudan tes rapid dan tes swab dilakukan di rumah dinas Bupati.


Tes swab dan tes rapid massal ini dilakukan atas instruksi dari Bupati Kendal Mirna Annisa, setelah dua pegawai di lingkungan Setda terkonfirmasi positif covid-19. Yakni pegawai di Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kendal. Tes rapid dan tes swab dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kendal.


Bupati Kendal, Mirna Annisa, membenarkan adanya 2 pegawai yakni pegawai Diskominfo dan Bakeuda dinyatakan positif covid-19. Oleh karena itu dilakukan tes  swab dan rapid massal di lingkungan Kantor Setda Kendal.


“Ada 2 posistif di lingkungan Setda. Satu dari Kominfo dan satu dari Bakeuda,” kata Mirna usai menjalani tes swab dan rapid, di Kendal.
Bupati Mirna menjelaskan, pegawai Diskominfo diduga kuat terpapar dari salah satu anggota keluarganya yang juga positif covid-19. Sedangkan pegawai Bakeuda diduga kuat terpapar dari adiknya. “Hari ini semua menjalani tes swab dan rapid guna mengantisipasi penyebaran virus,” tuturnya.


Bupati Mirna juga mengintruksikan untuk meliburkan seluruh pegawai di lingkungan Kantor Setda Kendal pada Jumat (7/8/2020). Sedangkan Kantor Setda Kendal dilakukan penutupas selama tiga hari, mulai Jumat sampai Minggu (6-8/8/2020). Para pegawai akan masuk kembali pada, Senin (10/8/2020) nanti. “Hari ini (Kamis) setelah melakukan tes rapid dan swab, seluruh pegawai di lingkungan Kantor Setda Kendal dipulangkan dan besok (Jumat) diliburkan, masuk lagi Senin,” jelasnya.


Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kendal, dr Budi Mulyono menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah alat rapid untuk semua pegawai di lingkungan Setda Kendal. Beberapa orang yang diduga kontak erat dengan pasien positif dilakukan tes swab sebagaimana hasil tracing yang telah dilakukan. “Untuk tes swab dilakukan dari hasil tracing yang kontak erat. Ini masih berkembang (tracing positif) yang jelas saat ini yang kontak erat di Diskominfo dan Bakeuda. Masih terus berkembang, (karena) baru tahu (terkonfirmasi positif) kemarin,” terangnya.