Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pelayanan Tatap Muka di Lingkungan Setda Kendal Ditutup 2 Hari

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pelayanan Tatap Muka di Lingkungan Setda Kendal Ditutup 2 Hari

0
102

Pelayanan tatap muka perkantoran di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) ditutup sementara selama dua hari, yakni Kamis-Jumat tanggal 13 dan 14 Agustus 2020. Kebijakan ini diambil, karena pada pekan ini di lingkungan perkantoran Setda Kendal menjadi klaster penyebaran Covid-19.  Hingga kemarin, jumlah total pegawai di lingkungan Setda Kendal yang terkonfirmasi virus corona mencapai 16 orang.

Sekda Kendal, Mohammad Toha menjelaskan, pada awalnya hanya memberlakukan sistem kerja work from home (WFH) bagi sebagian pegawai atau secara bergantian yang masuk kantor hanya 50 persen pegawai. Melihat jumlah pegawai yang positif covid-19 semakin bertambah, maka pada Rabu (12/8) diambil di tindakan meniadakan pelayanan tatap muka di seluruh kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di Setda Kendal.

“Karena harus tetap melakukan pelayanan, maka ASN tetap masuk sebagian, dan sebagian kerja dari rumah. Tapi kami menyarankan untuk tidak ada layanan tatap muka dengan warga masyarakat. Pelayanan diarahkan secara online, seperti pembayaran pajak dan retribusi,” kata Toha.

Beberapa kantor di lingkungan Setda Kendal yang membuka pelayanan tatap muka adalah, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), juga Kesbangpol.

“Tiga kantor itu kondisinya ditemukan banyak yang positif. Selain itu ada di Bagian Umum, Bagian Pembangunan dan staf Setda Kendal juga ada. Makanya antisipasi betul agar tidak ada lagi penularan,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Bonay menambahkan pihaknya kembali melakukan swab di kantor lingkungan Setda Kendal dan rumah dinas Bupati Kendal. Mereka yang menjalani tes swab  di antaranya Bupati Kendal Mirna Annisa dan Sekda Kendal. “Hari ini ada 70 orang yang menjalani swab, hasilnya belum disampaikan” jelasnya.