Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Lapas Kelas IIA Kendal Lakukan Tes Urine terhadap Pegawai dan Warga Binaan

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Lapas Kelas IIA Kendal Lakukan Tes Urine terhadap Pegawai dan Warga Binaan

0
48

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kabupaten Kendal melakukan tes urine terhadap 60 pegawai dan warga binaan.  Kegiatan pengambilan tes urine ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah nomor: W13.UM.01.01 – 755 tentang Pelaksanaan Tes Urine Mandiri bagi Petugas dan WBP di lapas atau rutan. Tujuannya untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan lapas. 


Tes urine untuk memastikan ada tidaknya kandungan narkoba pada setiap pegawai dan warga binaan lapas dilakukan serentak pada, Rabu (9/9/2020) pukul 11.00 – 12.45 WIB.  Dalam pelaksanaannya secara bergantian dengan mematuhi protokol kesehatan.


Kepala Lapas Kelas IIA Kendal, Samsul Hidayat, mengatakan kegiatan tes urine dilakukan secara mandiri bagi semua pegawai lapas dan sampel warga binaan. Dalam pelaksanaan, pihaknya menggandeng UPTD Puskesmas Kendal II sebagai mitra pengambilan dan pengujian urine.  Lapas Kelas IIA Kendal menyediakan sendiri peralatan One Step Multi-Drug (cup penampungan) yang digunakan untuk menampung urine.
“Ada total 60 orang yang diambil urinenya untuk dites narkoba. Masing-masing 40 orang dari kalangan pegawai dan 20 orang dari warga binaan pemasyarakatan lapas,” katanya.


Samsul mengatakan, tes urin ini untuk memastikan zero narkoba di lingkungan lapas, baik pegawai maupun warga binaan. “Hasil tes, semua sampel dinyatakan negatif dari semua parameter pengujian narkoba,” pungkasnya.