KPU Kendal telah Tetapkan Masa Kampanye untuk Pilkada Kendal 2020

KPU Kendal telah Tetapkan Masa Kampanye untuk Pilkada Kendal 2020

0
49

KPU Kendal menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Kampanye Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kendal 2020 di Aula Kantor KPU Kendal, Senin (14/9/2020).   Rakor diikuti peserta perwakilan dari partai politik yang ada di Kendal.


Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, berdasarkan PKPU Nomor 4 tahun 2017 pasal 5 ayat 2, bahwa kampanye yang dilaksanakan oleh partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon dan/atau tim kKampanye dilaksanakan dengan metode pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye dan/atau kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Untuk menjelaskan kepada para bakal paslon maupun tim kampanye tentang metode pelaksanaan kampanye, setelah pasangan sudah resmi ditetapkan oleh KPU,” katanya.


Hevy mengatakan, tahapan Kampanye yaitu tanggal 26 September – 5 Desember, berupa pelaksanaan pertemuan terbatas dan tatap muka serta debat publik terbuka antar paslon. Kemudian tanggal 22 November – 5 Desember yaitu kampanye melalui media massa, cetak dan elektronik. “Tanggal 6 – 8 Desember masa tenang dan Pembersihan alat peraga kampanye,” ujarnya.


Materi Kampanye wajib memuat visi, misi dan program yang disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang. Materi kampanye dapat disampaikan secara lisan maupun tertulis oleh paslon kepada masyarakat. Pelaksanaan kampanye harus mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan PKPU nomor 10 tahun 2020.


Untuk debat publik atau debat terbuka sesuai dengan PKPU nomor 6 tahun 2020 diselenggarakan paling banyak tiga kali. Namun untuk Pilbup Kendal diselenggarakan hanya dua kali dan wajib menerapkan protokol kesehatan.