Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0715/Kendal Desa Sendang Kulon Gandeng Chef Lia Yabes Buka Cooking Class

Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0715/Kendal Desa Sendang Kulon Gandeng Chef Lia Yabes Buka Cooking Class

0
147

Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0715/Kendal menggelar Cooking Class dan Table Manner untuk Persit,  PKK dan Karang Taruna. Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Sendang Kulon Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Minggu (20/9/2020). 

Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf. Iman Widiarto mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memasak bagi para istri tentara yang tergabung dalam Persit, ibu-ibu PKK desa dan sebagai regenerasi menularkan kemampuan cara melayani tamu bagi para anggota Karang Taruna. Bagi ibu-ibu PKK dan Karang Taruna, pelatihan ini sebagai bekal untuk mengembangkan kuliner, sehingga ketika wisata desa sudah buka, maka bisa dijadikan peluang usaha kuliner. “Ini peluang bagus, sebagai desa dengan potensi perikanan yang besar, ada ikan, udang, maka nanti ketika wisata desa sudah dibuka, bisa menyajikan kuliner khas untuk menarik mengunjung,” katanya. 

Dalam acara yang mengambil instruktur Chef Lia Yabes, orang Kendal, seorang ahli memasak lulusan Akademi Pariwisata Jogjakarta  yang berpengalaman bekerja sebagai  Supervisor Demi Chef De Partie di Hotel Kempinski Qatar, Chef di Resort Banana Island Qatar, dan Chef Senior di Saii Lagoon Bay  Hotel Hilton Maldives. Chef berpengalaman itu memberikan pembekalan  kepada audiens mengenai tatacara melayani tamu ala Table Manner sederhana disesuaikan tempat perjamuan. Kemudian dilanjutkan dengan demo masak dengan menu Wedang Tahu ala Kendal dan menu gulai ikan dengan metode memasak kombinasi Eropa dan pedesaan Kendal. 
“Saya sengaja untuk melatih para peserta dengan menu gulai ikan karena di Desa Sendang Kulon ini punya potensi perikanan laut luar biasa bagus, jika dioptimalkan dengan kreativitas pengolahan kuliner yang bagus maka akan bisa dijual untuk turis yang datang ke pantai desa ini,” tutur Lia Yabes.

Di acara kedua yang dipandu oleh Chef Bang Mis , seorang penduduk desa Sendangkulon  yang berpengalaman bekerja di Hotel Merlin Malaysia. Bang Mis menampilkan menu lokal Rica Rica Mentok dan hidangan Tom Yam Thailand dengan bumbu  dimodifikasi menyesuaikan lidah Indonesia.

Supriyanti, Ketua PKK Desa Sendang Kulon didampingi Mas Tiyan Ketua Karang Taruna, nantinya ibu-ibu PKK dan Karang Taruna ini akan membagikan ilmunya kepada warga di dusun lainnya. Harapannya untuk ke depan bisa dijadikan sebagai peluang usaha kuliner, seperti wedang tahu supaya bisa menjadi kuliner khas Dusun Pening.

“Saya berterima kasih kepada TNI karena mengadakan acara mengundang Chef bertaraf internasional di kegiatan TMMD ini, semoga kedepan akan tercipta sebuah sentra kuliner dengan aneka masakan sea food mengangkat potensi pantai Dusun Pening berikut daya tarik wisatanya di desa kami, ” katanya