TMMD Kodim 0715/Kendal di Dusun Pening Bangun Jalan Beton 1.200 Meter

TMMD Kodim 0715/Kendal di Dusun Pening Bangun Jalan Beton 1.200 Meter

0
65

TMMD Kodim 0715 Kendal di Dusun Pening Desa Sendang Kulon Kecamatan Kangkung membangun jalan beton dengan panjang 1200 meter, lebar 3 meter dan tebal 15 centi meter. Pembangunan jalan tersebut membuka dusun terpencil yang selama ini terisolasi.

Pembangunan fisik lainnya yaitu perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 10 unit, pembangunan MCK 25 unit dan pemasangan lampu energi surya sebanyak 30 unit yang bekerja sama dengan Program Indonesia Terang.

Dandim 0715 Kendal, Letkol Infanteri Iman Widiarto mengatakan, dengan adanya TMMD ini, selain membuka jalan dusun yang selama ini terisolasi, juga membuat dusun tersebut menjadi terang dengan adanya pemasangan lampu energi surya. “Sasaran utama program fisik TMMD yaitu betonisasi jalan sepanjang 1200 meter,” katanya usai acara pembukaan TMMD di Ruang Abdi Praja Pemkab Kendal, Selasa (22/9/2020).

Untuk program non fisik yang dilakukan selama TMMD yang berlangsung selama satu bulan, sejak  22 September – 21 Oktober 2020 di antaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Selain itu juga ada pengobatan massal yang dilakukan secara door to door ke rumah-rumah warga. “Karena masih dalam kondisi pandemi covid 19, maka pengobatan massal bukan dalam bentuk mengumpulkan warga, tapi petugas akan datang ke rumah-rumah warga,” katanya.

Kegiatan TMMD ini melibatkan 110 personil yang terdiri dari 35 personil Batalyon 410 Diponegoro, 30 personil batalyon Arhanut 15 dan 10 personel dari Penerbad. Juga melibatkan tenaga ahli bidang pembangunan dari zeni tempur 8 personil dan anggota Kodam IV Diponegoro, juga tenaga kesehatan dari Kesdam, 10 personil Lanal TNI AL dab 10 personil dari kepolisian. 


Dandim Iman Widiarto mengatakan, keterlibatan masyarakat setempat cukup tinggi, dengan kerja sama dan gotong royong warga dalam setiap kegiatan. Swadaya masyarakat untuk sasaran fisik sebesar juga cukup besar mencapai Rp 35 juta. “Kebersamaan dan gotong royong inilah justru yang lebih diharapkan, karena nilainya tidak bisa diukur oleh uang,” pungkasnya.

Pembukaan TMMD dilakukan di Ruang Abdi Praja Pemkab Kendal oleh Dandim 0715 Kendal bersama Bupati Kendal Mirna Annisa dan anggota Forkopimda Kendal. Pembukaan TMMD tidak dilakukan di lapangan terbuka, karena kondisi pandemi covid 19.